Candi Sewu

Wow! Candi  Ini Lebih Tua Daripada Candi Borobudur dan Prambanan

by

Candi Sewu atau Manjusrighra adalah candi Budha yang dibangun pada abad ke-8 yang berjarak hanya delapan ratus meter di sebelah utara Candi Prambanan. Candi Sewu merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur di Jawa Tengah. Candi Sewu berusia lebih tua daripada Candi Borobudur dan Prambanan. Meskipun aslinya memiliki 249 candi, oleh masyarakat setempat candi ini dinamakan Sewu (bahasa Jawa) yang berarti seribu. Penamaan ini berdasarkan kisah legenda Roro Jonggrang.

Ramai orang telah mengetahui bahwa Candi Budha terbesar adalah Candi Borobudur di Kabupaten Magelang. Namun adakah yang tahu Kompleks Candi Budha terbesar di Indonesia? Nah, Candi Sewu inilah jawabannya ONTripers. Kompleks Candi Sewu menampung 249 candi dan 8 Arca Dwarapala. Fakta Candi Sewu sebagai kompleks Candi Budha terbesar di Indonesia juga telah diakui oleh UNESCO dalam pernyataan Outstanding Universal Value-nya.

Kompleks Candi Sewu terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Perluas pengetahuan sejarah kamu dengan mengunjungi Candi Sewu ini yah ONTripers, kamu akan menyaksikan sendiri salah satu sejarah di Indonesia ini.

 

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.