ontrip-tradisi kerik gigi di mentawai-indonesia

Unik! Tradisi Ini Bakal Membuatmu Kagum Sampai Geleng-Geleng Kepala

by

Jika di Bali kamu mengenal upacara potong Gigi, masyarakat adat Mentawai, Sumatera Barat, juga punya tradisi yang serupa. Tradisi ini dilakukan sebagai simbol kedewasaan seorang wanita di suku Mentawai. Selain itu, kerik gigi ini juga dipercaya menambah kecantikan dari si wanita. Wanita yang giginya runcing akan lebih digilai pria-pria di sekitarnya.Unik ya?

Tak hanya menambah kecantikan, modifikasi tubuh dengan kerik gigi dipercaya bisa membuat jiwa berdamai dengan tubuh. Masyarakat Mentawai percaya bahwa untuk mendapatkan kebahagiaan keinginan jiwa harus sejalan dengan bentuk tubuh. Keyakinan ini diwujudkan laki-laki Suku Mentawai lewat tato tradisional, dan bagi wanitanya melalui tradisi kerik gigi.

Seperti apa sih Tradisi Kerik Gigi yang dijalankan oleh suku mentawai? Lantas tujuannya pun untuk apa? Yuk mari ONTripers kita bahas singkat disini ketika kalian pergi ke dokter gigi untuk membersihkan karang, apa yang kalian rasakan ONTripers? Ketika karang di sela gigi dibersihkan pasti akan terasa ngilu bukan?

Nah, hampir serupa dengan yang dilakukan oleh wanita di suku Mentawai, dimana mereka mempunyai tradisi kerik gigi. Bagaimana cara meruncingkan gigi ala Mentawai? Gigi gadis-gadis ini akan dikerik menggunakan alat dari besi yang sudah diasah sampai runcing. Proses meruncingkan gigi ini sangat menyakitkan dan tanpa menggunakan anastesi sama sekali. Sehingga perlu waktu tidak sebentar untuk meruncingkan seluruh gigi yang ada. Biasanya untuk mengurangi rasa sakit, para wanita ini mengigit pisang hijau sebelum memamerkan senyum barunya dengan gigi tajam.

Gimana komentar kalian ONTripers?

#ONTrip
#ONTripCulture
#Indonesia
#Mentawai
#PesonaIndonesia

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.