ontrip-tradisi unik dan tak lazim di indonesia

Unik dan Tak Lazim, 5 Budaya ini ada di Indonesia!

by

Indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri dari beragam suku dan budaya tentunya memiliki keunikan dan ciri khas dari masing-masing. Nah, kali ini ONTrip akan memberikan informasi mengenai 5 budaya unik tak lazim yang ada di Indonesia.

  1. Ritual Tiwah – Kalimantan Tengah
    Ritual Tiwah yaitu prosesi menghantarkan roh leluhur sanak saudara yang telah meninggal dunia ke alam baka dengan cara menyucikan dan memindahkan sisa jasad dari liang kubur menuju sebuah tempat yang bernama sandung. Tiwah merupakan upacara ritual kematian tingkat akhir bagi masyarakat suku Dayak di Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya Dayak Pedalaman penganut agama Kaharingan sebagai agama leluhur warga Dayak. Nah, yang menariknya lagi ritual tersebut memakan waktu beberapa hari sehingga membutuhkan dana yang cukup besar.
  2. Atraksi Debus – Banten
    Debus merupakan kesenian bela diri dari Banten yang mempertunjukan kemampuan manusia yang luar biasa. Misalnya kebal senjata tajam, kebal air keras dan lain- lain.Kesenian ini berawal pada abad ke-16, pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin (1532-1570). Pada zaman Sultan Ageng Tirtayasa (1651—1692) Debus menjadi sebuah alat untuk memompa semangat juang rakyat banten melawan penjajah Belanda pada masa itu. Kesenian Debus saat ini merupakan kombinasi antara seni tari dan suara.
  3. Ngaben – Bali
    Ngaben adalah upacara pembakaran atau kremasi jenazah umat Hindu di Bali. Dalam prosesi Ngaben, ketika api mulai disulut, perlahan-lahan kobaran api akan membesar dan mulai berkobar menyulut sosok jenazah. Lama-kelamaan kobaran api mulai menghanguskan jazadnya yang dipercaya akan melepaskan segala ikatan keduniawian dari orang yang meninggal itu. Bila ikatan keduniawian telah terlepas, maka semakin terbukalah kesempatan untuk melihat kebenaran dan keabadian kesucian Illahi di alam sana.
  4. Beras Kuning – Kalimantan
    Suku Dayak Manyaan di Kalimantan memiliki tradisi yang diberi nama beras kuning atau menabur beras kuning. Ritual ini bertujuan untuk memanggil para roh leluhur agar memberikan kekuatan pada suku dayak manyaan. Bahkan diberitakan beras kuning yang ditebar memiliki daya mistis yang sangat tinggi.
  5. Ikipalin – Wamena
    Siapa sangka di Wamena, Papua sana terdapat ritual budaya yang cukup miris bagi kita sebagai orang awam. Ritual yang disebut Ikipalin adalah memotong jari tangan jika ada salah satu kerabat yang meninggal dunia. Bagi mereka, tradisi ini disimbolkan sebagai bentuk kesedihan yang mendalam akan kehilangan anggota keluarga yang meninggal. Semakin banyak kita melihat warga Papua pedalaman memotong jarinya maka dapat diartikan telah banyak pula anggota keluarga yang mereka cintai telah meninggal dunia. Terdengar sadis memang, namun itulah salah satu bentuk kekayaan budaya yang patut dijaga dan dilestarikan ONTripers.

#ONTrip
#ONTripTravel
#ONTripCulture
#Indonesia
#PesonaIndonesia
#WonderfulIndonesia

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.