Gereja Blenduk

Terbukti! Inilah GerejaTermegah Di Indonesia

by

Siapa sih yang nggak tau kota Semarang? Kota yang penuh dengan wisata religi yang mampu membuatmu semakin dekat dengan penciptaNYA, salah satunya tempat peribadatan umat Kristiani ini. Apa sih nama tempat peribadatan ini? Yup, Tempat peribadatan ini bernama Gereja Blenduk Semarang atau lebih dikenal dengan nama Gereja GPIB Immanuel. Gereja Blenduk Semarang merupakan gereja yang dibangun pada tahun 1753. Gereja ini salah satu landmark di kota lama. Berbeda dari bangunan lain di Kota Lama yang pada umumnya memagari jalan dan tidak menonjolkan bentuk, gedung yang bergaya Neo-Klasik ini justru tampil kontras. Bentuknya lebih menonjol. Bangunan gereja yang sekarang merupakan bangunan setangkup dengan facade tunggal yang secara vertical terbagi atas tiga bagian. Jumlah lantainya adalah dua buah.Bangunan ini menghadap ke Selatan. Gereja ini masih dipergunakan untuk peribadatan setiap hari Minggu. Di sekitar gereja ini juga terdapat sejumlah bangunan lain dari masa Kolonial Belanda seperti Gedung Marba. Bangunan kuno ini juga sering menjadi salah satu tempat untuk foto-foto Pre Wedding. Wah keren abis yah!

Jika kalian ingin melihat interior di dalam gereja. Kalian cukup membayar tiket seharga 10.000 rupiah.Gereja ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB, kecuali saat Gereja Blenduk digunakan untuk pemberkatan pernikahan Gereja ini di tutup untuk para wisatawan dan pada hari minggu, jam kunjung wisatawan dibatasi, yaitu pukul 13.00-16.00 WIB. Sebab pada Minggu pagi, Gereja Belenduk digunakan sebagai tempat kebaktian umat Kristen Protestan.
Akses menuju gereja Blenduk, jika kamu berada di Tugu Muda, arahkan perjalanan menuju Pasar Johar melalui Jalan Pemuda, jalan besar di sisi kanan Lawang Sewu. Banyak tersedia angkutan umum dan bis kota. Sampai Pasar Johar, jalan sedikit atau naik becak ke Gereja Blenduk.

Diluar Gereja Blenduk terdapat bangunan lain yang merupakan kawasan kota lama, Kamu dapat mengunjungi bangunan tersebut dan berkeliling kawasan kota lama. Kamu juga dapat berduduk santai di taman depan gereja blenduk. Taman ini yaitu Taman Sri Gunting, di dekat Taman Sri Gunting banyak pedagang penjual makanan dan minuman.

Sedangkan untuk lokasi bangunan ini berada di Jalan Letjend Suprapto No. 32 Kota Lama Semarang. Gimana ONTripers berkeinginankah kalian melihat ke agungan dan keindahan ciptaan tuhan ini. Selamat Berkunjung!

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.