Tanah Lot, Tempat Pertemuan Pencipta dan Ciptaan-Nya

by

Tanah lot adalah salah satu ikon dari Bali. Pura yang berada di tengah laut ini menawarkan keindahan yang sangat luar biasa. Keindahan ini akan mulai menyambutmu ketika kamu berada di parkiran mobil yang berada beberapa ratus meter dari lokasi pura. Hangatnya sinar matahari yang bersahat dengan kulitmu akan membuatmu semakin bersemangat untuk melihat langsung keindahan pura yang telah menjadi buah bibir banyak orang sejak dahulu.

Dari tempat parker menuju areal pura, berbaris toko di kanan dan kiri jalan yang menjual berbagai barang khas Bali. Seperti patung, lukisann, kain pantai, ikat kepala khas bali, baju, pernak-pernik, aksesoris dan lainnya, persis seperti Pasar Seni Sukawati Bali. Harganya pun relatif murah, baik untuk wisatawan domestic maupun wisatawan mancanegara. Selain itu juga terdapat pedagang yang menjual makanan dan minuman. Sehingga kamu tidak perlu takut kelaparan jika berkunjung ke sana pada saat jam makan.

Pura ini terdapat pada dua tempat yang berbeda. Satu pura terletak di atas bongkahan batu besar dan pura lainnya terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan yang berbentuk melengkung seperti jembatan. Pura Tanah Lot dijadikan tempat memuja dewa penjaga laut karena dianggap bagian dari Pura Kahyangan Jagat di Bali.

Pada saat air laut pasang, pura akan digenangi air laut. Di bawahnya terdapat goa-goa kecil yang dijadikan tempat tinggal oleh para ular laut. Ular laut memiliki ekor pipih seperti ikan, berwarna belang hitam dan kuning. Menurut mitos yang beredar ular tersebut adalah jelmaan dari selendang pendiri pura. Dipercaya pendiri pura ini adalah Dang Yang Niratha, seorang Brahmana dari Jawa yang mengembara ke Bali. Konon, beliau menugaskan ular suci Tanah Lot sebagai penjaga pura.

Mitos tersebut membuat banyak orang penasaran dan ingin mengunjungi Tanah Lot. Namun tidak hanya itu yang membuat Tanah Lot tidak pernah sepi pengunjung. Keindahan pemandangan sunset dengan siluet pura yang sangat cantik. Tidak jarang banyak pasangan yang melakukan foto pre-wedding di tempat ini. Keunikan lokasi yang berada di atas karang besar juga hal yang diburu oleh para pengunjung. Ketika air laut pasang, pura akan terlihat seperti di tengah laut. Ini menjadi pemandangan yang menakjubkan jika dilihat dengan mata telanjang.

Namun, daya tarik utama dari tempat ini adalah keindahan pemandangan sunset dengan siluet pura di tengah lautnya. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pukul 17:00 WITA. Jadwal sunset memang berbeda setiap harinya, tergantung dengan cuaca pada hari itu juga. Namun, biasanya sekitar pukul 18:00 – 19:00 WITA.

Untuk harga tiket masuk pada tahun 2017 mengalami kenaikan. Berikut daftar harga tiket masuk Tanah Lot untuk wisatawan domestik (updated 01 Januari 2017) :

  • Dewasa            : Rp 20.000,-/orang
  • Anak-anak      : Rp 15.000,-/orang
  • Parkir Motor  : Rp 2.000,-/unit
  • Mobil Roda 4 : Rp 5.000,-/unit
  • Bus                   : Rp 10.000,-/unit

Pura Tanah Lot berada di jalan Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Jaraknya sekitar 13 km ke arah barat kota Tabanan. Dari bandara Ngurah Rai menuju Tanah Lot ditempuh dengan waktu sekitar 80 menit. Sekitar pura juga terdapat banyak penginapan yang menyediakan pertunjukan tari kecak. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk masalah penginapan ketika berkunjung ke tempat ini.

You may also like

6 Comment
  1. This actually answered my downside, thanks!

  2. yeezy 1 year ago
    Reply

    This actually answered my drawback, thank you!

  3. This actually answered my problem, thanks!

  4. Your home is valueble for me. Thanks!?

  5. Youre so cool! I dont suppose Ive read something like this before. So nice to search out somebody with some original ideas on this subject. realy thank you for starting this up. this website is something that’s wanted on the net, someone with just a little originality. helpful job for bringing one thing new to the web!

  6. links of london 11 months ago
    Reply

    Howdy! I just would like to give a huge thumbs up for the great information you’ve got right here on this post. I shall be coming back to your blog for extra soon.

Leave a Comment

Your email address will not be published.