ontrip-rujak cingur khas surabaya

Rahasia Rujak Cingur Menjadi Makanan Tradisional Yang Cetar Dan Membahana

by

Siapa sih yang tidak tau Rujak Cingur? Makanan tradisional yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur ini sangatlah fenomenal. Dari namanya saja udah unik dan yang terpenting asli Indonesia lho! Nama Rujak Cingur sendiri diambil dari nama bahan dasar yang digunakan yaitu “Rujak” dan “Cingur”. Rujak merupakan campuran buah – buahan dan sayuran yang dihidangkan dengan sambal. Sedangkan Cingur sendiri merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Sehingga Rujak Cingur ini merupakan perpaduan dari bahan sayuran, buah buahan dan cingur yang diolah menjadi satu sajian yang memiliki rasa yang khas.

Nah cara membuat rujak cingur juga mudah kok, karena rujak cingur ini terbuat dari buah – buahan seperti timun, bengkuang, mangga muda, nanas, dan kedondong. Lalu bahan sayuran seperti kecambah, kangkung dan kacang panjang. selain itu juga berbagai bahan tambahan seperti lontong, tahu goreng, tempe goreng, dan cingur. Bahan bahan tersebut di potong kecil, lalu dicampurkan ke dalam piring. Kemudian bahan yang sudah dicampur tadi disiram dengan saus bumbu yang terbuat dari bahan petis udang, gula, cabai, kacang goreng, bawang goreng, garam dan irisan pisang klutuk yang masih muda. Setelah dicampurkan kemudian semua bahan dan saus diulek agar sausnya merata. Gimana mantap bukan?

Rujak Cingur juga bisa kita temukan di beberapa daerah di Jawa Timur. Namun setiap daerah tentunya memiliki ciri khas tersendiri dalam penyajiannya. Nah bagi kamu yang berkunjung ke Jawa Timur, terutama Surabaya. Rujak Cingur ini bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk menikmati makanan khas asli Jawa Timur,

Namun jangan sedih! Buat kamu yang tinggal di Ibukota Jakarta juga bisa menyicipi makanan asli Surabaya ini di Jalan K.H. Wahid Hasyim No.48, Menteng, RT.14/RW.6, Kb. Sirih, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Selamat Mencoba!

#ONTrip
#ONTripKuliner
#KulinerSurabaya
#KulinerNusantara

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.