Rahasia Masjid Agung Jawa Tengah Bisa Menentramkan Hati

by

Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid yang terletak di Semarang, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 hingga selesai secara keseluruhan pada tahun 2006. Masjid ini berdiri di atas lahan 10 hektar. Masjid Agung diresmikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006. Masjid Agung Jawa Tengah dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi oleh Ir. H. Ahmad Fanani dari PT. Atelier Enam Jakarta yang memenangkan sayembara desain tahun 2001.

Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa. Namun, dibagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter ditambah lagi dengan 4 menara masing masing setinggi 62 meter di setiap penjuru atapnya. Sebagai bentuk bangunan masjid universal Islam, masjid ini memiliki satu menara terpisah dari bangunan masjid setinggi 99 meter yaitu Menara Al Husna atau Al Husna Tower yang tingginya 99 meter. Bagian dasar dari menara ini terdapat Studio Radio Dais (Dakwah Islam). Sedangkan di lantai 2 dan lantai 3 digunakan sebagai Museum Kebudayaan Islam, dan di lantai 18 terdapat Kafe Muslim yang dapat berputar 360 derajat. Lantai 19 untuk menara pandang, dilengkapi 5 teropong yang bisa melihat kota Semarang. Wow, keren kan?

Untuk pertama kalinya pada awal Ramadhan 1427 H lalu, teropong di masjid ini digunakan untuk melihat Rukyatul Hilal oleh Tim Rukyah Jawa Tengah.

Namun, selain disiapkan sebagai tempat ibadah, masjid ini juga dipersiapkan sebagai objek wisata religius. Untuk menunjang tujuan tersebut, Masjid Agung ini dilengkapi dengan wisma penginapan dengan kapasitas 23 kamar berbagai kelas, sehingga para peziarah yang ingin bermalam bisa memanfaatkan fasilitas.

Untuk kalian para ONTripers Jika kalian ingin mendapatkan siraman rohani ataupun hanya sekedar jalan-jalan kalian bisa berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah. Tempatnya pun tidak susah kok, karena Masjid ini terletak di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang Jawa Tengah.

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.