Inilah Saksi Bisu Pura Vaikuntha Vyomantara Yogyakarta

by

Pura Vaikuntha Vyomantara di Pangkalan TNI AU Adisujtipto Yogyakarta dirintis dan didirikan dalam waktu yang cukup panjang, mulai  tahun 1997 sampai tepatnya  23 Mei 2007. Dilaksanakannya proses peletakan Batu pertama berdirinya Pura Vaikuntha Vyomantara oleh komandan Pangkalan TNI AU Adi Sucipto Marsma TNI Benyamin Dandel,S.IP selaku Komandan pangkalan TNI AU Adi Sucipto.

Pura Vaikuntha Vyomantara berada di komplek Pangkalan TNI AU Adi Sucipto Janti Sleman Jogja. Pura ini tidak saja diperuntukkan untuk warga di kesatuan TNI AU, namun juga sebagai Pura untuk umum di mana umat dari luar juga dapat mengikuti persembahyangan di Pura ini yang biasanya dilaksanakan tepat pada pukul 17.00 setiap purnama dan tilem. Letaknya yang berada di dalam komplek Pangkalan TNI mengharuskan kita melewati pos penjagaan, tapi cukup dengan mengatakan akan ke Pura maka kita dipersilahkan untuk lewat.

Vaikuntha  memiliki arti Inkarnasi Shri Wisnu, tanaman Suci atau Shri Wisnulah yang menyatukan ke 33 Dewa yang menjaga semesta alam. Vyomantara  memiliki  Angkasa, Loka, Luhuring Acintya. Jadi, Vaikuntha Vyomantara artinya  alam dimana dewa Wisnu mencapai kesempurnaan tertinggi, luhuring Acintya, pura angkasa yang penuh dengan tanaman suci dan tempat untuk mencapai ketenangan, kebijaksanaan dan pengetahuan suci ( kitab Suci Wisnu Purana ).

Pura Vaikuntha Vyomantara di Lanud Adi Sucipto  Yogyakarta  dibangun atas kebutuhan  umat Hindu yang  berdinas dan bertugas  di Pangkalan  TNI AU Adi Sucipto  Yogyakarta, di samping itu  juga merupakan  kebijakan dari pimpinan TNI Angkatan Udara untuk menyiapkan sarana tempat ibadah bagi prajurit TNI beserta keluarganya  yang beragama Hindu dalam bentuk Pura, mengingat di pangkalan TNI AU Adi Sucipto belum memiliki pura sebagai tempat untuk melakukan persembahyangan, pembinaan mental bagi prajurit TNI AU beserta keluarganya, Karbol AAU dan Siswa Sekolah penerbang khususnya yang beragama Hindu ,untuk itu sangat dibutuhkan adanya tempat Ibadah atau pura.

Share agar Indonesia lebih eksis!

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.