Ini Dia Pulau Yang Menjadi Favorit Para Wisatawan Untuk Mengisi Weekend atau Liburannya

by

Tempat-tempat bernuansa alam menjadi idaman warga Jakarta untuk berlibur. Biasanya mereka memilih kota-kota di sekitar Jawa Barat yang lokasinya tidak terlalu jauh. Tetapi tempat yang satu ini juga sangat cocok untuk mengisi weekendmu atau liburanmu. Yup, Kepulauan Seribu adalah gugusan mutiara yang sering tidak disadari keberadaannya oleh masyarakat Jakarta. Padahal di kawasan ini ada beberapa pulau yang keindahannya tidak kalah dengan pulau-pulau di Indonesia timur. Sekedar informasi, Kepulauan Seribu memiliki nama panjang loh yaitu Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, dimana kawasan ini memiliki luas sekitar 108.000 ha.

Keelokan pelesir bahari Pulau Seribu mampu menyedot wisatawan untuk berbondong-bondong berlibur kesana. Traveler pasti punya pulau favorit yang dianggap sangat indah. Berikut ini adalah pulau-pulau yang menjadi favorit wisatawan, apa saja?

  1. Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah tempat paling terkenal di kawasan Kepulauan Seribu. Tempat ini menjadi idola para wisatawan dengan pesona laut biru indah yang sangat jernih. Pulau Tidung terdiri atas dua bagian yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dimana kedua bagian tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan panjang yang oleh masyarakat setempat dinamakan jembatan cinta. Pulau Tidung merupakan sebuah nama kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, kabupaten Kepulauan Seribu Selatan, DKI. Jarak tempuh Pulau Tidung ini sekitar 3 jam dari dermaga Muara Angke.

  1. Pulau Semak Daun

Pecinta kehidupan bawah laut dan pendamba keheningan nampaknya wajib datang ke tempat yang satu ini. Pulau Semak Daun adalah tempat favorit lain yang menjadi tujuan utama para pemburu pantai pasir putih di kawasan Kepuluan Seribu. Pulau Semak Daun adalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang sangat pas untuk mereka yang ingin kabur sejenak dari penatnya keramaian Jakarta. Mendirikan tenda dan bermalam di tempat ini akan membuatmu menemukan ketenangan dan kedamaian yang selama ini kamu cari. Disini kamu bisa melihat indahnya kehidupan bawah laut dengan snorkeling atau diving. Di pulau ini tidak ada penginapan, kalau ingin bermalam di pulau ini kamu harus membawa tenda dari rumah.

  1. Pulau Bira

Pulau Bira juga belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan jadi suasananya masih terjaga dan perawan. Untuk bisa sampai ke pulau ini terlebih dulu kamu harus transit di pulau Pramuka setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari dermaga Muara Angke. Memang membutuhkan sedikit perjuangan untuk bisa sampai ke pulau ini. Tapi, apa yang akan kamu dapatkan terasa sangat sebanding, di pulau Bira kamu bisa melihat keindahan bawah laut dengan diving maupun snorkeling. Suasana alami benar-benar terasa di pulau ini. Selain menikmati keindahan panorama bawah laut, duduk-duduk manis di dermaga sambil menikmati sunset di pulau ini juga jadi aktivitas menarik. Di pulau Bira ini terdapat beberapa rumah kayu bergaya vintage yang bisa kamu gunakan untuk bermalam.

  1. Pulau Harapan

Apa yang akan kamu dapatkan di pulau Harapan ini benar-benar sesuai dengan nama tempat ini yaitu sesuai Harapan. Sebuah jembatan kayu yang bisa digunakan untuk duduk santai sambil menggelantungkan kaki, pemandangan laut biru yang menyejukkan mata, serta keindahan panorama bawah laut adalah segelintir hal yang akan kamu dapatkan disini. Di kawasan Kepulauan Seribu, pulau ini dikenal dengan keindahan terumbu karang yang membuat penyelam betah berlama-lama di dalam air. Di sekitar pulau Harapan juga terdapat penangkaran salah satu jenis elang langka yakni Elang Bondol.

  1. Pulau Bidadari

Lokasi pulau Bidadari ini tidak terlalu jauh dari daratan Jakarta. Hanya sekitr 15 km. Dari sini kita bisa mengintip gedung-gedung Jakarta yang terlihat seperti miniatur kota. Kawasan pulau Bidadari ini memiliki catatan sejarah yang cukup penting. Salah satu buktinya adalah keberadaan benteng pertahanan yang berdiri kokoh disana. Di sekitar pulau Bidadari juga tumbuh hutan mangrove yang menambah pesona pulau. Menurut masyarakat tempat dulunya pulau ini sering dijadikan tempat liburan Pengeran Jayakarta dan para penghuni kerajaan. Sehingga pulau ini dinamakan pulau Bidadari.

  1. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka juga tak kalah menarik untuk dijadikan destinasi tempat wisata. Di pulau Pramuka ini selain bisa menikmati suasana liburan laut yang menyenangkan, kamu juga bisa belajar singkat mengenai penyu sisik karna di pulau ini terdapat tempat pelestarian penyu sisik yang tergolong sebagai jenis penyu langka.

Hayo, kamu pilih liburan ke pulau mana ya?

Share agar Indonesia Lebih Eksis!

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.