Patung Buddha Tidur Terbesar Ketiga di Dunia, Ada di Indonesia!

by

Patung Buddha tidur atau biasa disebut sleeping Buddha adalah objek yang sangat menarik perhatian. Patung Buddha tidur merupakan ikon dari kuil Wat Pho di Bangkok. Namun, ternyata kamu tidak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk dapat melihat dan berfoto bersama patung Buddha tidur ini. Karena di Indonesia pun ada!

Maha Vihara Mojopahit di Trowulan, Mojokerto adalah sisa peninggalan kerajaan Majapahit. Tempat ini terbagi menjadi berberapa bagian dengan fungsi yang berbeda. Area yang ditumbuhin pepohonan membuat tempat ini cukup asri dan nyaman untuk dikunjungi. Pada akhir pekan pengunjung melonjak drastis hingga ribuan orang. Namun, tidak perlu khawatir! Tempat ini memiliki area yang cukup luas.

Bangunan utama Maha Vihara Mojopahit Triwulan ini terlihat menggunakan arsitektur Jawa yang berbentuk Joglo, sebuah usaha akulturasi yang sangat baik dari pengurus vihara ini. Namun, pandangan jarak dekat pada pintu masuk utama ke Naha Vihara Mojopahit ini menunjukkan perpaduan karya seni budaya Cina, India dan Jawa.

Bagian depan Maha Vihara Mojopahit

Bagian depan Maha Vihara Mojopahit Trowulan ini terlihat rapi dan hijau, dengan akses masuk ke pendopo beralas keramik. Di sisi kiri dan kanan juga diletakkan bunga-bunga sehingga menimbulkan suasana yang asri. Selain itu juga terdapat beberapa patung Budha seukuran manusia di bagian depan.

Patung Buddha Maha Vihara Mojopahit

Di dalam bangunan yang berbentuk Joglo tersebut terdapat 3 buah altar, yang masing-masing diperuntukkan sebagai tempat sembahyang bagi pengikut sekte Hinayana, Mahayana dan Tantrayana. Di bagian tengah terdapat altar utama dengan patung Buddha Sakyamuni. Di sisi sebelah kanan terdapat altar patung Avalokitesyara Kwam Se Im Phosat yang diperuntukan bagia pengikut aliran Buddha Mahayana. Sedangkan di sisi kiri terdapat altar Dewi Tara yang diperuntukkan bagi para pengikut aliran Tantrayana.

Di bagian kiri belakang gedung utama Maha Vihara Mojopahit terdapat patung Buddha Tidur berukuran raksasa yang konon katanya merupakan patung Buddha terbesar ketiga di dunia, setelah patung serupa di Thailand dan Nepal. Patung di vihara ini memiliki panjang mencapai 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi mencapai 4,5 meter. Sepasang arca Dwarapala tampak berjaga di sisi kanan jembatan belah dua yang dipakai sebagai akses jalan menuju ke patung.

Di bawah patung, terdapat relief sepanjang dinding pondasi. Relief itu menceritakan kehidupan dan ajaran Sang Buddha. Wajah patung raksasa ini terlihat bersih dan bercahaya. Namun, dibagian badan memerlukan pembersihan akibat terus – menerus terkena panas dan hujan.

Relief Maha Vihara Mojopahit

Maha Vihara Mojopahit Trowulan terletak di desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Tempat ini berada di tengah perkampungan yang dekat sekali dengan desa persawahan yang menjadikannya memiliki suasana yang tenang dan sejuk khas perdesaan. Harga tiket masuk ke tempat ini pun sangatlah terjangkau, hanya Rp 2.000,- per orang.

Untuk desa Bejijong sendiri sangatlah mudah dicapai karena berada di Kecamatan Trowulan yang merupakan kawasan yang diyakini menjadi pusat kerajaan Majapahit yang melegenda. Sehingga daerah ini menjadi kaya akan potensi wisata seperti Candi Trowulan, Candi Brahu, Candi Bajang Ratu dan lain-lain.

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.