Trend Wisata Halal Mulai Berkembang Seiring Meningkatnya Populasi Muslim Dunia

by

Meningkatnya populasi Muslim yang berusia muda, berpendidikan, dan memiliki jumlah pendapatan yang tinggi membuat industri pariwisata internasional mulai menargetkan wisatawan Muslim sebagai target pasarnya.

Wisata halal sebenarnya tidak jauh berbeda dengan wisata pada umumnya. Wisata halal merupakan konsep wisata yang memudahkan wisatawan Muslim untuk memenuhi kebutuhan berwisata. Kebutuhan itu antara lain adalah adanya rumah makan bersertifikasi halal, tersedianya masjid atau musholla di tempat umum, adanya fasilitas kolam renang terpisah antara pria dan wanita, dan lain-lain.

Wisata halal merupakan sebuah konsep pariwisata yang berpotensi untuk dikembangkan. Populasi Muslim dunia diprediksi akan mencapai 26,5% pada tahun 2030. Selain semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan muslim, sejumlah fasilitas umum bagi wisatawan di Indonesia telah menyajikan pelayanan dengan kriteria halal.

Walaupun telah meningkat, promosi dan pengembangan pariwisata halal tetap harus ditingkatkan karena selama ini Indonesia baru menarik 1,2% dari total market share dunia. Sedangkan Malaysia telah mendapatkan 25% dan Thailand 24% di tahun lalu.

Pemerintah pun telah mulai melakukan berbagai strategi untuk mengembangkan pariwisata Muslim. Mulai dari mengadakan lomba pariwisata halal serta mengikuti kompetisi internasional, promosi lewat berbagai media cetak maupun online, mengembangkan destinasi ramah Muslim hingga memberi pelatihan kepada para pekerja di sektor pariwisata. Semoga maju terus pariwisata halal Indonesia!

Share agar Indonesia lebih eksis!

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.