Sebuah Situs Bersejarah Yang Menjadi Cikal Bakal Adanya Kota Jakarta Saat Ini

by

Pelabuahan Sunda Kepala berlokasi di Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Pelabuhan ini dikenal sebagai salah satu tujuan tempat wisata yang ada ada di Kota Tua Jakarta. Pelabuhan yang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta ini konon sudah berdiri sejak abad ke-5, dan sampai sekarang pelabuhan ini masih berfungsi sebagai pelabuhan dagang. Pelabuhan Sunda Kelapa juga merupakan sebuah situs bersejarah yang menjadi cikal bakal adanya Kota Jakarta sekarang ini dan memiliki catatan sejarah panjang yang cukup dikenal dalam negeri dan luar negeri.

Pelabuhan ini sempat berganti nama beberapa kali namun berdasar SK Gubernur DKI Jakarta tanggal 6 Maret 1974 nama Sunda Kelapa ditetapkan sebagai nama resmi pelabuhan ini. Pelabuhan Sunda Kelapa sudah ada sejak abad ke-5 dan merupakan pelabuhan yang berada dibawah kepemilikan Kerajaan Tarumanegara. Namun pada abad ke-12 berpindah tangan menjadi milik Kerajaan Sunda.

Sejak Kerajaan Sunda berhasil menguasai pelabuhan ini, Pelabuhan Sunda Kelapa berhasil berkembang menjadi salah satu pelabuhan penting yang ada di pulau Jawa, karena lokasinya yang cukup strategis. Selain pedagang-pedagang dari berbagai daerah di Nusantara yang melakukan kegiatan perdagangan di pelabuhan ini, banyak juga pedagang-pedagang asing dari negeri luar yang singgah di pelabuhan ini seperti Tiongkok, Arab, India, Inggris dan Portugis.

Kini, pelabuhan Sunda Kelapa tidak terlihat sesibuk saat masa jaya nya. Pelabuhan ini sekarang hanya melayani jasa untuk kapal antar pulau di Indonesia.Namun mengingat memiliki nilai sejarah yang tinggi,kini pelabuhan ini dialihfungsikan menjadi situs sejarah.Bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang ada di sekitar wilayah pelabuhan kini dijadikan Museum.Ada beberapa museum di sekitar pelabuhan, seperti Museum Bahari, Museum Fatahillah, Museum Wayang dan lain sebagainya.

Share agar Indonesia lebih Eksis!

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.