Pasti Ketagihan! Ketika Kamu Menyantap Kuliner Yang Satu Ini

by

Seruit adalah makanan khas Lampung dengan masakan ikan yang digoreng atau dibakar dicampur dengan sambal terasi, tempoyak (olahan durian) atau mangga. Biasanya masyarakat Lampung menggunakan jenis ikan sungai seperti belide, baung, layis dan lain-lain. Nah, jangan lupa ditambah dengan lalapan juga. Sedangkan minumannya adalah serbat, terbuat dari jus buah mangga kuini.

Secara kultural, Lampung memiliki dua masyarakat adat, yakni Lampung Sai Batin dan Lampung Pepadun. Keduanya sama-sama memiliki kebiasaan berkumpul. Saat berkumpul, diperlukan makanan yang bisa dinikmati bersama-sama, makanan tersebut adalah seruit. Bagi Lampung Pepadun, seruit adalah makanan pokok.

Seruit berasal dari kata nyeruit, yang artinya kegiatan makan yang dilakukan bersama-sama. Di Lampung, salah satu rumah makan yang menyediakan menu seruit adalah Rumah Makan Rusdi Gendut. Rumah makan ini terletak di Jalan Pangeran Tirtayasa Sukabumi, Bandar Lampung. Lokasinya cukup strategis karena terletak di pinggir jalan utama. Rumah makan milik Rusdi ini adalah rumah makan yang menjual makanan khas Lampung.

Karena di Lampung sangat jarang rumah makan yang menjual makanan khas Lampung, ia pun berusaha untuk memulainya. Ia ingin melestarikan tradisi makan seruit. Bagi kamu yang sedang berwisata ke Lampung, jangan lupa untuk mencicipi khas dari Lampung ini yah, tentunya sangat enak. Dijamin ketagihan deh!

Share agar Indonesia lebih Eksis!

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.