Lezat! Sate Legendaris Yang Akan Membuat Mulutmu Tak Berhenti Mengunyah

by

Kalian pasti sudah tak asing lagikan dengan makanan yang dagingnya ditusuk-tusuk dan terkenal dengan kelezatannya ini. Di indonesia, sate menjadi salah satu makanan favorit yang selalu dinikmati. Selain itu sate memiliki beragam jenis loh, mulai dari sate yang biasa aja sampai sate yang terbuat dari berbagai jenis hewan yang sebenarnya tak lazim dimakan. Dan setiap daerah pasti memiliki keragaman cita rasa didalamnya karena terdapat perbedaan bumbu dan bahan yang digunakan.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang Sate Maranggi yang sebenarnya kuliner ini sudah cukup langka ditemui di jaman sekarang ini. Sate Maranggi merupakan kuliner khas Indonesia yang berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Dulu sate ini dijajakan dengan cara berkeliling dengan menggunakan gerobak kecil. Namun seiring perkembangan jaman, sekarang hampir sudah tidak ada yang menjual dengan berkeliling kampung. Tapi jangan  kecewa ONTripers, buat kalian yang belum pernah mencicipi lezatnya sate ini, kalian bisa temui salah satu warung legendaris yang terletak di Purwakarta Jl. Raya Cibungur, ruas jalan alternatif penghubung Jakarta-Bandung.

Tempat ini  buka pada jam 09.00 pagi sampai dengan 09.00 malam. Pas banget nih buat kamu yang akan melakukan perjalanan mudik ke Jawa Tengah atau Jawa Barat dan melintasi daerah Purwakarta, tidak ada salahnya dong kalau kamu mampir terlebih dahulu ke warung Sate Maranggi yang berada di daerah Sadang Cibungur ini.

Kalau dilihat dari tampilannya kalian pasti akan menilai sama saja dengan sate lain yang ada di Indonesia. Tetapi jika kita sudah mencicipi sate Maranggi ini, pada gigitan pertama kalian pasti dapat membedakannya. Karena bahan dasar sate maranggi adalah daging kambing atau daging sapi yang sangat empuk disetiap gigitannya dan rasa manis yang dominan serta dipadukan dengan aroma rempah-rempah yang khas menjadikan makanan yang satu ini patut untuk di cicipi jika melintasi daerah Purwakarta.

Bedanya sate maranggi dengan sate lain adalah proses pembuatannya. Awalnya, daging direndam dalam bumbu seperti jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, cuka, dan kecap manis. Proses perendaman ini membuat bumbu meresap ke dalam daging, sehingga tak butuh lagi saus atau bumbu tambahan seperti bumbu kacang pada sate Madura.

Sate maranggi yang kaya bumbu rempah ditambah dengan bawang dan tomat yang segar membuat rasa sate ini spesial. Sate Maranggi biasa disajikan dengan irisan bawang merah dan tomat segar untuk menambah kaya rasanya. Untuk makan sate maranggi, kita bisa memilih nasi, lontong, atau ketan bakar dengan sambal oncom. Bila nasi dan lontong terlalu biasa, makan sate dengan ketan bakar akan jadi pengalaman yang berbeda.

Yang cukup unik dari Sate Maranggi disini adalah sate ini disajikan lengkap dengan sambal tomat yang pedasnya luar biasa, tapi bagi kalian yang tidak menyukai pedasnya sambal tomat, kalian bisa menggantinya dengan sambal kecap atau dengan sambal kacang pada umumnya. Kalian juga bisa memesan es kelapa muda utuh yang biasanya juga dijual oleh para pedagangnya untuk menyegarkan dahaga atau menghilangkan rasa pedas.

Nah, kebayang bangetkan gimana legitnya dari setiap tusukan sate ini dan bau khas sate ini akan menggelitik perutmu sehingga membuatmu tidak sabar lagi untuk memakannya. Ditambah lagi dengan rasa yang sangat lezat akan membuatmu ketagihan lagi dan lagi.

Share agar Indonesia lebih eksis!

You may also like

1 Comment
  1. pandora uk 10 months ago
    Reply

    I as well as my guys happened to be checking the good guides located on your web site and then the sudden came up with an awful feeling I never thanked the web blog owner for those tips. All of the ladies are already absolutely very interested to study all of them and have now definitely been taking advantage of those things. Many thanks for genuinely quite thoughtful and also for utilizing varieties of incredibly good themes millions of individuals are really needing to be aware of. My very own honest regret for not expressing appreciation to you earlier.

Leave a Comment

Your email address will not be published.