Luar Biasa! Indahnya Salah Satu Istana Yang Termegah di Indonesia Ini

by

Kebesaran nama Istana Maimun atau yang juga sering dikenal dengan istana Putri Hijau, memang sudah tidak asing lagi di telinga. Istana ini merupakan induk dari bangunan Taman Sri Deli dan Masjid Raya Al Mashun yang juga dikenal sebagai peninggalan kerajaan Deli yang sudah berusia ratusan tahun. Kedua bangunan tersebut adalah bangunan pelengkap yang dahulu dikenal sebagai bangunan pribadi yang dibangun oleh Sultan Deli.

Istana Maimun adalah salah satu icon kota Medan loh, yang merupakan istana kesultanan Deli yang pembangunannya di laksanakan mulai dari tanggal 26 agustus 1888 dan selesai pada tahun 18 Mei 1891. Dibangun oleh Sultan Deli, Sultan Mahmud Al Rasyid, istana maimun sendiri memiliki luas 2.772 m kuadrat dan memiliki 30 ruangan serta mempunyai 2 lantai dengan 3 bagian bangunan induk. Istana Maimun sendiri memiliki arsitektur unik khas melayu yang memadukan kebudayaan melayu dengan islam, spanyol dan india.

Bagian dalam Istana Maimun juga menarik untuk disusuri. Di balik dinding-dindingnya yang kokoh, terdapat puluhan kamar yang tersebar di dua lantai ini. Kemegahanpun terlihat, lampu kristal Eropa, kursi, meja maupun lemari. Foto-foto keluarga, senjata-senjata kuno, termasuk ruang penjara, juga ada di istana ini. Walaupun masih menyimpan benda-benda bernilai sejarah, Istana Maimun masih membolehkan wisatawan untuk berkunjung dan menikmati kemegahan sekaligus menyelami kejayaan Kesultanan Deli masa lalu.

Selain itu, Istana maimun juga menjadi tempat edukasi sejarah di sekolah sekolah yang terkadang di kunjungi oleh para pelajar kota medan. Selain tempatnya yang stategis, disekitaran istana maimun juga terdapat tempat tempat peristirahat seperti hotel dan jajanan yang ada di jalanan. Khususnya pada bulan Ramadhan Istana maimun sendiri menjadi sanagt ramai dikunjungi, selain untuk membeli menu buka puasa dan sebagainya. Keindahan Istana Maimun akan lebih terlihat indah pada malam hari di hiasi dengan lampu-lampu yang indah dan memancarkan warna khas melayu di sekitaran Istana Maimun menjadi daya tarik yang menawan bagi masyarakat yang melewati Istana Maimun.

Istana Maimun telah dinobatkan sebagai bangunan terindah di Kota Medan, Sumatera Utara. Bagi kamu yang ingin berkunjung ketempat ini, kamu bisa langsung menuju kawasan Jl. Brigjen Katamso,. Sapuan warna kuning pada gedung ini merupakan warna khas Melayu loh ONTripers.

Share agar Indonesia lebih eksis!

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.