Sarapan Pagi Yang Mantep Ala Indonesia

by

Siapa yang tidak kenal dengan makanan sejuta umat ini, bubur ayam memang salah satu makanan alternative ketika kita sedang bosan dengan nasi pada saat sarapan di pagi hari. Walaupun pada dasarnya bubur juga dari nasi, namun ada cita rasa tersendiri pada bubur dari pada nasi, hal tersebut mungkin karena camburan bahan-bahan pelengkapnya seperti suiran daging ayam, kecap kacang, bawang goring dan kerupuk. Terkadang pelengkapnya lebih itu seperti di tambah dengan ati ayam atau telur ayam, terlepas itu bubur sudah menjadi sarapan pagi terfavorit bagi masyarakat Indonesia.

Sarapan bubur ayam memang relatif lebih rendah kalori. Pasalnya, untuk menyiapkan semangkuk bubur kamu membutuhkan beras yang lebih sedikit dari pada sepiring nasi biasa. Semangkuk bubur polos mengandung kira-kira 138 kalori. Jika ditambahkan dengan daging ayam, telur, kacang-kacangan, daun bawang, sayur asin, cakwe, dan kerupuk jumlah kalorinya bisa mencapai 290. Jumlah ini masih lebih sedikit dibandingkan menu sarapan nasi lainnya. Pasalnya, semangkuk nasi putih polos saja sudah mengandung 242 kalori.

Buat kamu yang sedang diet, sarapan bubur ayam bisa bikin kamu susah turun berat badan. Karena bubur membuat kamu lebih cepat lapar, kamu mungkin jadi tergoda untuk mencari camilan sebelum jam makan siang. Sering mengonsumsi camilan tentu jadi menyulitkan mengendalikan berat badan.

Meski tidak begitu umum, kamu bisa mengganti beras putih dengan beras merah untuk masak bubur. Beras merah lebih kaya akan serat dan mengandung karbohidrat kompleks. Ini berarti bubur dari beras merah tak akan meningkatkan gula darah kamu secepat bubur putih. Selain itu, bubur dari beras merah juga akan membuat kamu kenyang lebih lama.

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.