Amazing! Tersimpan Sejuta Tradisi Unik Yang Tak Banyak Diketahui Orang

by

Papua, pulau paling timur di Indonesia ini mungkin tak asing lagi bagi kita. Umumnya orang mengenal pulau Papua sebagai daerah yang banyak akan potensi sumber daya alam, dari potensi tambang yang terkenal dengan emasnya, sampai dengan potensi wisata unggulannya yaitu Raja Ampat.

Tak sekedar potensi alam, Papua juga terkenal memiliki kekayaan tradisi dan budaya. Beberapa tradisi dan kebudayaan dari pulau ini, bahkan telah dikenal hingga ke mancanegara. Diantaranya adalah, seni ukir (pahat), dan festival Budaya yang rutin dilakukan di lembah Baliem (Pegunungan Jayawijaya). Tapi bukan hanya itu, dengan potensi lebih dari 200 suku dan bahasa di Papua, tersimpan tradisi unik lainnya yang tak banyak diketahui.

Yaitu Tradisi Bakar Batu, Salah satu tradisi budaya tertua di Papua ini, dapat dikatakan sebagai simbol rasa syukur dan persaudaraan, akan tetapi di daerah tertentu Bakar Batu biasanya juga dilakukan dalam prosesi upacara kematian. Tradisi Bakar Batu merupakan sebuah cara yang digunakan masyarakat Papua, untuk memasak beberapa jenis bahan makanan (ubi, singkong, daging babi dan sayur-sayuran) di atas batu yang telah dipanaskan.

Caranyapun tak sembarangan, ada beberapa tahapan untuk melakukan Bakar Batu, diantaranya adalah menyiapkan lubang untuk tempat menyusun kayu bakar dan batu, beserta bahan makanan yang akan dimasak. Setelah lubang tergali, batu-batu yang telah dikumpulkan disusun berdasarkan ukuran. Batu yang besar diletakkan pada bagian paling bawah, dan di bagian atas akan disusun kayu bakar.

Selanjutnya lapisan kayu bakar tersebut akan dilapisi kembali dengan batu yang ukurannya lebih kecil, setelah itu proses pembakaran dilakukan untuk memanaskan batu. Setalah batu menjadi panas, barulah bahan makanan yang telah disiapkan disusun sedemikian rupa diatas batu tersebut. Lalu setelah semua bahan makanan matang, maka dil;akukan kegiatan makan bersama. Tradisi Bakar Batu ini memiliki beberapa sebutan yang berbeda untuk masing-masing daerah, namun biasanya dikenal dengan sebutan Barapen.

Share agar Indonesia lebih eksis!

You may also like

1 Comment
  1. pandora jewelry 1 year ago
    Reply

    I precisely needed to thank you very much once again. I am not sure the things that I might have followed in the absence of the pointers revealed by you on that industry. It was actually a depressing matter in my circumstances, but spending time with the very expert technique you resolved that forced me to leap with joy. I’m happier for this support and then hope that you are aware of a powerful job your are carrying out educating the others with the aid of your blog. Most probably you haven’t come across any of us.

Leave a Comment

Your email address will not be published.