Mengintip Keindahan Alam Labuan Bajo yang Tersembunyi

by

Labuan Bajo, tempat ini menjadi salah satu destinasi terfavorit saat ini di Indonesia. Tingginya angka wisatawan yang berkunjung ke sana membawa peluang untuk berbagai sektor. Bahkan maskapai pun saat ini ingin ambil bagian. Garuda Indonesia yang tadinya merupakan satu-satunya penerbangan direct dari Jakarta ke Labuan Bajo, saat ini sudah memiliki saingan. Batik Air mulai tanggal 15 Desember 2017 sudah membuka penerbangan langsung dari Jakarta ke Labuan Bajo dan sebaliknya. Langkah yang diambil Lion Group untuk membuka rute ini menjadi solusi untuk para traveller menekan biaya tiket yang dikeluarkan.

Garuda Indonesia dan Batik Air sama-sama hanya memiliki satu kali penerbangan dari Jakarta ke Labuan Bajo. Jadwal penerbangan Garuda Indonesia adalah pukul 10.50 dan tiba di Labuan Bajo pukul 14.25. Sedangkan Batik Air memiliki jadwal penerbangan lebih awal, yaitu pukul 10.10 dan tiba di Labuan Bajo pukul 13.40. Penerbangan langsung akan memerlukan durasi kurang lebih 2 jam 35 menit untuk sampai di Labuan Bajo. Waktu yang cukup untuk beristirahat dan menambah energimu ketika sampai di Labuan Bajo.

Bandar Udara Komodo

Sesampainya di Bandara Komodo – Labuan Bajo, kamu bisa langsung merasakan berada di Pulau Komodo. Wallpaper berukuran besar bergambarkan beberapa komodo menjadi ciri khas bandara ini. Bandara Komodo tidak terlalu besar, jadi kamu tidak perlu berjalan jauh untuk sampai ke pintu keluar. Kabar baiknya, Bandara Komodo terletak tidak jauh dari Pelabuhan Labuan Bajo! Jaraknya hanya sekitar 5 – 10 menit!

Labuan Bajo memang terkenal dengan keindahan pulau-pulau dan bawah lautnya. Tak heran, jika wisatawan akan lebih banyak dan lama menghabiskan waktunya untuk melakukan tour laut, dengan tujuan explore pulau Labuan Bajo. Ditambah lagi di sini kamu bisa menjumpai hewan Komodo yang saat ini menjadi hewan langka yang hampir punah. Pulau Komodo dan Pulau Rinca adalah habitat para komodo. Nah, dua pulau ini juga masuk dalam rute perjalanan laut yang bisa kamu singgahi.

Untuk melakukan tour laut ada 3 jenis kapal yang bisa kamu gunakan. Yang pertama adalah kapal open dek. Kapal ini dapat diisi sampai dengan 10 orang. Dengan atap terbuka dan mesin kapal ini melaju cukup cepat sehingga sering digunakan oleh wisatawan yang ingin melakukan one day tour. Yang kedua adalah speedboat. Di Labuan Bajo terdapat beberapa ukuran speedboat, mulai dafri untuk 4 orang sampai dengan 24 orang. Sedangkan yang ketiga adalah kapal Phinisi. Kapal ini yang dapat menjadi tempat tinggal kamu selama melakukan tour laut. Kapal Phinisi di Labuan Bajo terdiri dari beberapa kelas dan banyak sekali. Jadi kamu bisa menyesuaikan dengan budget kaamu. Ada kapal untuk backpacker hingga kapal mewah yang memiliki cabin dengan fasilitas Hotel bintang 4. Jadi tidak perlu khawatir untuk melakukan tour laut karena pilihan transportasinya cukup banyak.

Pink Beach Rinca

Untuk tour darat memang kalah pamor dengan tour laut. Hal ini dikarenakan memang tidak terlalu banyak wisata darat yang dapat dinikmati di sini. Namun, kamu bisa mengunjungi Batu Cermin. Seperti namanya di sini kamu bisa melihat batu stalaknit berukuran besar yang dapat memantukan sinar matahari. Selain Batu Cermin, kamu juga dapat mengunjungi Bukit Cinta, di mana terdapat beberapa bukit yang dari kejauhan seperti miniatur Raja Ampat di Papua. Jika kamu menaiki salah satu bukitnya, maka akan nampak keindahan Laut Flores dan Labuan Bajo dari ketinggian. Jadi kalau sudah sampai di sini, berikan sedikit effort-mu untuk naik ke bukitnya ya. Tenang, tidak terlalu tinggi kok! Tempat wisata darat terakhir adalah Kampung Melo. Di sini adalah pusat kebudayaan Manggarai. Kamu bisa melihat adat, tarian dan juga berbagai benda khas dari Manggarai. Letaknya agak jauh dari bandara ataupun kota, sehingga butuh waktu 1 sampai 2 jam untuk perjalanan ke   sana.

Udara yang segar dan bersih serta awan bebas polusi yang ada di Labuan Bajo akan membuatmu tidak ingin kembali pulang. Hal yang jarang bisa didapatkan di kota-kota besar. Tunggu apalagi? Cek jadwal cuti atau long weekend mu dan persiapkan liburan Labuan Bajomu bersama ONTrip!

Travelling. Exist. Happy

 

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.