Gunung Kelimutu

Menakjubkan! Mistis Gunung Kelimutu Membuat Danau Kawah Tiga Warna

by

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Kelimutu merupakan gabungan dari kata “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih.

Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat. Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna-warna yang ada di dalam danau, yaitu danau berwarna biru atau (Tiwu Nuwa Muri Koo Fai) merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau (Tiwu Ata Polo) merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih (Tiwu Ata Mbupu) merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Tetapi, para penduduk di sekitar Danau Kelimutu ini percaya bahwa pada saat danau berubah warna mereka harus memberikan sesajen bagi arwah orang-orang yang telah meninggal. Serem yah, ONTripers? Tapi penasaran gak sih? Tunggu apalagi? Jadikan gunung ini sebagai salah satu destinasi kamu pada liiburan ini yah, ONTripers!

Nah, bagi kalian yang berasal dari luar kota jangan khawatir, kalian dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan transportasi udara dan transit di bandara Eltari yang ada di kota Kupang, Flores. Sesampainya di Kota Kupang, kemudian dilanjutkan lagi ke Kabupaten Ende (transit di bandara H. Hasan Aroeboesman). Namun, jika kamu start dari Denpasar, Bali, ONTripers bisa langsung menuju kabupaten Ende. Jalur penerbangaan ini hanya ada di bandara Ngurahrai, Bali. Waktu tempuh hanya 45 menit. Cukup singkatkan ?

Setelah sampai di Kabupaten Ende, perjalanan kamu masih diteruskan lagi untuk menuju desa Moni yang merupakan desa yang berada dikaki Gunung Kelimutu dengan jarak perjalanan 66 Kilometer. Biasanya untuk menempuh perjalanan ini pengunjung akan menggunakan transportasi mini bus. Dan masih banyak lagi yang menarik yang bisa kamu lihat saat di perjalanan menuju Gunung Kelimutu ini. Selamat menikmati!

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.