Masjid kubah Emas

Amazing! Tempat Yang Bisa Membuatmu Serasa Nyaman Lebih Dari Apapun Di Dunia

by

Selamat siang ONTripers. Kalian pasti sudah tak asing lagi bila mendengar salah satu tempat wisata religi yang terletak di Depok ini. Kota yang dekat dengan Ibukota Indonesia ini ternyata memiliki sebuah tempat, dimana ditempat ini kalian akan melihat kebesaran Sang Kholiq. Tempat ini layak untuk kamu kunjungi. Pesona keindahan dan keagungan Sang Kholiq terpancar jelas di sini. Bahkan tempat ini merupakan salah satu di antara masjid-masjid termegah di Asia Tenggara. Lalu apakah kalian tau masjid apakah ini? Yup, Masjid Dian Al Mahri atau yang lebih dikenal dengan Masjid Kubah Emas yang berdiri kokoh di atas lahan seluas 70 hektar.

Masjid ini mulai dibangun April 1999 oleh seorang dermawan, pengusaha asal Banten bernama Hj Dian Juriah Maimun Al Rasyid, istri dari Drs H. Maimun Al Rasyid, yang membeli tanah kawasan ini sejak tahun 1996 dan baru dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006, bertepatan dengan Idul Adha 1427 H. Bangunan masjid memiliki luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8.000 meter persegi. terdiri dari bangunan utama, mezamin, halaman dalam, selasar atas, selasar luar, ruang sepatu, dan ruang wudhu.

Tak kalah menariknya masjid ini juga memiliki 5 kubah yang kesemuanya dilapisi dengan emas. Kubah utama bentuknya menyerupai kubah Taj Mahal. Kubah tersebut memiliki diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter. Sementara 4 kubah kecil lainnya memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter.

Relief hiasan di atas tempat imam pun di sulap dengan emas seberat 18 karat. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas. Wow masjid yang serba dengan emas bukan? Yup, itulah Masjid Kubah Emas. Masjid yang eksotis dan layak kamu kunjungi!

Jika ONTripers berkunjung ke kota Depok jangan lupa mampir kesini yah! Masjid ini berada di Jalan Maruyung Raya, Kel. Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok. Semoga kamu mendapatkan siraman rohani di sini.

Share agar Indonesia lebih eksis!

 

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.