ontrip-lontong orari

Mak Nyus! Lontong Orari Yang Menggugah Selera

by

Kuliner khas Kalimantan Selatan yang satu ini wajib untuk dicoba. Makanan khas Banjar yang terbuat dari bahan dasar lontong ini sangat menggugah selera. Nah, apakah kalian tau apa nama makanan khas Banjar ini? Yup, Lontong Banjar. Lontong yang dihidangan dengan disiram kuah santan nangka muda. Ditambah dengan lauk ikan Haruan (ikan gabus), ayam, atau telur di olah dengan masak habang (bumbu merah) membuat hidangan ini menjadi tambah lezat. Namun lontong ini lebih dikenal dengan nama lontong Orari karena lontong ini biasa disantap setiap pertemuan anggota Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia. Lontong ini bisa disantap di Rumah Makan Lontong Orari di Jalan Pahlawan Banjarmasin.

Buat yang belum tahu, ada beberapa hal yang membedakan dan membuat Lontong Orari ini unik. Pertama, Lontong yang dipakai di Lontong Orari ini berbentuk segitiga, dimana biasanya lontong yang disajikan dalam lontong sayur adalah berbentuk potongan-potongan tabung yang pipih. Kedua, lauk pauk yang menemani kuliner Khas Banjarmasin ini jauh lebih banyak dari lontong sayur di Jakarta yang hanya berupa ayam atau telur rebus saja. Namun, pada lontong Orari ini terdapat pula ikan untuk lauk pauk.

Buat kalian para ONTripers yang ingin mencoba kuliner yang satu ini, tinggal terbang saja menuju Banjarmasin, lalu menuju Rumah Makan Lontong Orari yang berada di Jalan Seberang Mesjid di dekat Pasar Lama, Kota Banjarmasin. Disana sudah tertata rapi meja kecil lesehan, untuk kenyamanan memakan Lontong Orari sambil ngobrol atau bercengkerama. Selamat Mencoba!

#ONTrip
#ONTripKuliner
#Indonesia
#LontongOrari

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.