Cinta Tanah Air! Perluas Pengetahuan Sejarahmu di Tempat Ini

by

Lubang Buaya adalah sebuah tempat di kawasan Pondok Gede, Jakarta yang menjadi tempat pembuangan para korban Gerakan 30 September pada 30 September 1965.  Secara spesifik, sumur Lubang Buaya terletak di Kelurahan Lubang Buaya di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Tempat terjadinya G30S saat itu merupakan pusat pelatihan milik Partai Komunis Indonesia. Saat ini di tempat tersebut berdiri Lapangan Peringatan Lubang Buaya yang berisi Monumen Pancasila, sebuah museum diorama, sumur tempat para korban dibuang, serta sebuah ruangan berisi relik.

 

Nama Lubang Buaya sendiri berasal dari sebuah legenda yang menyatakan bahwa ada buaya-buaya putih di sungai yang terletak di dekat kawasan tersebut. Selain itu juga terdapat rumah yang di dalamnya ketujuh pahlawan revolusi disiksa dan dibunuh serta terdapat juga mobil yang digunakan untuk mengangkut orang-orang.

 

Di Lubang Buaya ini terdapat Monumen Pancasila Sakti yang berdiri patung tujuh Pahlawan Revolusi, ini tentunya untuk mengenang jasa para pahlawan tersebut ya ONTripers. Monumen ini memiliki kepak sayap patung Garuda Pancasila berukuran raksasa seolah memayungi ketujuh pahlawan tersebut dengan posisi setengah lingkaran. Pada dinding landasannya terdapat relief yang menggambarkan peristiwa sebelum dan saat meletusnya peristiwa G30S PKI serta penumpasan PKI oleh tentara dan masyarakat.

 

Masih banyak lagi sejarah yang harus kita pelajari di lokasi Lubang Buaya ini ONTripers. Ayo perbanyak pengetahuanmu dengan mendatangi lokasi Lubang Buaya ini dan jangan lupa ajak teman atau keluargamu yah ONTripers, agar kita sama-sama mengetahui pengorbanan para pahlawan Indonesia serta menghormati tanah air yang kita cintai ini.

 

You may also like

1 Comment
  1. yeezy boost 10 months ago
    Reply

    It is best to participate in a contest for among the best blogs on the web. I will recommend this website!

Leave a Comment

Your email address will not be published.