ONTrip-Masjid Merapi

Luar Biasa! Sebuah Masjid Yang Dibangun Dengan Abu Vulkanik Gunung Merapi

by

Masjid Baiturahman adalah sebuah masjid yang dibangun dibawah kaki gunung Merapi dengan temperatur rata-rata 16-17 derajat celcius. Oleh sebab itu, untuk menjaga temperatur agar tidak bertambah dingin, bukaan-bukaan di masjid ditutupi menggunakan kaca. Masjid ini bernuansa tradisional dan modern khas Jawa.

Tau nggak sih ONTripers, kalo Masjid merapi ini dibangun dari batako yang terbuat dari abu vulkanik akibat erupsi Gunung Merapi 2010 lalu. Masjid ini dipersembahkan untuk warga dusun Kopeng Desa Kepuhardjo di lereng selatan Merapi. Masjid setinggi empat lantai dengan luas bangunan 250 meter persegi ini selesai di bangun pada Oktober 2011. Selain digunakan sebagai sarana beribadah, masjid ini juga dimanfaatkan sebagai pusat pendidikan Islam anak-anak. Sedangkan untuk konsepnya sendiri masjid ini menggunakan permainan bayangan dengan menciptakan banyak bukaan kecil di dinding dan atap masjid.

Bukaan masjid dibuat menggunakan susunan bata yang membentuk kaligrafi lafadz Allah. Bukaan itu memungkinkan banyak cahaya dan udara yang bebas masuk ke dalam masjid. Gimana ONTripers sungguh kolaborasi yang menarik bukan? Hasil karya ciptaan manusia dan Sang Pencipta. Masjid ini dibangun setelah adanya tragedi letusan Gunung Merapi karena selalu ada hikmah yang dapat kamu dapatkan dari setiap musibah yang ada.

Jika ONTripers ingin berkunjung dan ingin melihat keindahan Masjid Merapi ini. Kalian bisa datang langsung di Dusun Kopeng, Merapi, Sleman, Jawa Tengah.

Share agar Indonesia lebih eksis!

 

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.