Luar Biasa! Masjid Tiongkok Ini Ternyata…..

by

Bila teman-teman ONTripers sedang berkunjung ke kota Palembang dan kebetulan sedang berada di daerah Jakabaring, tidak ada salahnya menyempatkan diri mengunjungi Masjid yang satu ini bahkan namanya pun sudah terkenal sampai ke luar negeri. Lalu masjid apakah itu? Yup, Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya Palembang atau yang biasa disingkat Masjid Cheng Ho. Masjid 2 lantai yang berdiri di lahan seluas 5000 meter persegi ini berukuran 25×25 meter, memiliki 2 pagoda kembar di sisi kanan dan kiri bangunan utama masjid yang diberi nama Habluminallah dan Habluminannas. Di bagian bawah pagoda sendiri difungsikan sebagai tempat wudhu jamaah.

Nah, untuk arsitekturnya masjid ini berasitektur Tionghoa loh ONTripers. Dimana hal itu terlihat kental di gapura pada gerbang masuk masjid, pilar besar berwarna merah plus aksen hijau dipadu dengan atap berwarna kuning emas menambah aroma akulturasi budaya Melayu, Arab dan Tionghoa di masjid ini. Dua menara/pagoda di Masjid Cheng Hoo Palembang terdiri atas 5 tingkat yang melambangkan jumlah 5 shalat wajib yang dilakukan dalam sehari semalam. Tinggi menara lebih kurang 17 meter, yang merupakan simbol dari jumlah rakaat dalam sholat wajib tersebut.

Memasuki bangunan utama masjid, unsur warna merah masih dominan terlihat di pilar-pilar besar yang menjulang tinggi. Masjid yang resmi dipakai semenjak tahun 2008 ini dapat menampung sekitar 600 jamaah. Ornamen-ornamen di dalamnya juga kental dengan nuansa Tionghoa, seperti pagar pembatas di lantai atas yang makin mempercantik interior masjid Cheng Ho.

Sedangkan untuk pembangunan masjid ini sendiri diprakarsai oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) yang ada di Palembang. Masjid ini juga kerap kali dijadikan masa transisi muallaf Tionghoa pada khususnya dan muallaf lain pada umumnya untuk mendalami ajaran Islam. Apabila beruntung, teman-teman dapat mengabadikan momen seorang muallaf yang mengucapkan dua kalimat syahadat di sini. Di kawasan masjid ini juga kini terdapat rumah tahfidz, guna mencetak bibit-bibit penghapal Qur’an dari Kota Palembang dan sekitarnya.
Nah, gimana ONTripers luar biasa bukan? Jika kalian ingin berkunjung kesini kamu bisa datang langsung ke alamat 15 Ulu, Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Jika ONTripers berada di pusat kota Palembang yang berada di seberang ilir, kamu bisa menyeberang ke daerah seberang ulu melalui jembatan Ampera ke arah pasar induk Jakabaring. Nah, di seberang pasar ini ada komplek perumahan Amen Mulia, dimana letak masjid ini berada. Selamat Berkunjung kesini! Dan dapatkan siraman rohaninya.

Jangan lupa like, comment dan share yah ONTripers agar wisata religi ini lebih di kenal dan dikunjungi masyarakat tentunya.

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.