Ke Bali Sebelum Nyepi, Kamu Bisa Saksikan Parade Ini!

by

Pulau Bali dikenal bukan hanya karena tempatnya yang nyaman dan penuh dengan keindahan alamnya. Namun, terdapat pula acara tahunan yang sayang untuk kamu lewatkan. Tahun Baru Saka adalah tahun baru umat hindu, dimana penduduk Bali yang mayoritas beragama Hindu selalu merayakannya. Perayaan Tahun Baru Saka atau yang sering disebut dengan hari raya Nyepi atau hari tenang adalah Dimana semua penduduk pulau mematuhi aturan ketat yang ditetapkan untuk kesempatan khusus ini. Selama hari raya Nyepi, semua kegiatan rutin dilakukan misalnya seperti Jalan seluruh Bali yang kosong dari lalu lintas, tidak ada langkah di luar rumah mereka, bandara ditutup dan tidak ada penerbangan tiba atau berangkat, dan tidak ada check-in dari setiap hotel yang ada di Pulau Bali.

Taukah ONTripers Sebelum hari kesunyian (hari raya nyepi), tiga hari sebelum hari raya Nyepi, diadakan prosesi warna-warni yang dikenal sebagai ziarah Melasti. Peziarah dari berbagai kuil desa di seluruh Bali membawa pusaka dan berjalan ke arah pantai di mana upacara penyucian itu  berlangsung. Kemudian pada malam Tahun Baru Saka, semua kebisingan menggelegar dan kegembiraan. Setiap rumah tangga di Bali mulai mendapat berkat di kuil keluarga dan berlanjut dengan ritual yang disebut pengrupukan. Setiap anggota berpartisipasi dalam ‘mengusir’ pasukan jahat, yang dikenal sebagai bhuta kala, dengan cara memukul panci dan wajan atau instrumen keras lain bersama dengan obor bambu yang berapi-api. Inilah ‘roh’ yang kemudian diwujudkan sebagai ogoh-ogoh lalu diarak di jalan-jalan. Sebagai parade jalanan terjadi, meriam bambu dan petasan sesekali mengisi udara dengan api dan asap. Kegiatan ini biasanya dimulai setelah matahari terbenam.

Festival ini akan berlangsung pada,

Tanggal                          : 17-26 Maret 2017

Tempat                           : Level 1 – Fountain Area, Beachwalk Shopping Center

Waktu                             : 10.00-23.00 WITA

Harga tiket masuk         : GRATIS!

Dimana dalam acara ini akan nada berbagai pertunjukan diantaranya ogoh – ogoh, ogoh – ogoh anak parade, baleganjur dance, tari Bali, tari barong, celuluk dance, Bali musik, lawar festival, sepak bola api dan masih banyak lagi.

Share agar Indonesia lebih eksis!

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.