Inilah Salah Satu Harta Peninggalan Leluhur Yang Tak Terkira Harganya

by

Indonesia memiliki kekayaan yang sangat berlimpah. Mulai dari sumber daya alam, sumber daya manusia dan juga kekayaan yang tidak bisa terukur dengan materi.  Indonesia memiliki lebih dari 300 suku dan lebih dari 700 bahasa daerah. Angka yang cukup besar dan menjadikan Indonesia sangat kaya akan budaya. Hal ini disebabkan karena setiap suku memiliki budaya khasnya masing-masing.

Namun, seiring berjalannya waktu dan pengaruh dari luar, beberapa budaya tersebut sudah jarang ditampilkan. Akan tetapi ada beberapa suku atau daerah yang tetap mempertahankan budaya mereka dan mewarisinya kepada anak cucunya. Salah satunya adalah Karapan Sapi.

Karapan sapi merupakan istilah untuk menyebut pacuan sapi yang berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur. Pada perlombaan ini sepasang sapi menarik semacam kereta dari kayu dan dipacu dalam lomba adu cepat melawan pasangan sapi-sapi lain. Kereta dari kayu tersebut menjadi tempat joki berdiri untuk mengendalikan pasangan sapi tersebut. Trek pacuan tersebut biasanya sekitar 100 meter dan lomba tersebut berlangsung antara 10 detik dampai dengan 1 menit. Biasanya lomba ini berlangsung di Madura pada bulan Agustus sampai Oktober.

Awal mula diadakan Karapan Sapi adalah karena dahulu tanah Madura tidak subur. Sehingga para penduduk lebih memilih berprofesi sebagai nelayan dan beternak sapi. Sampai akhirnya seorang ulama Sumenep menjarkan cara bercocok tanam dengan menggunakan dua ekor sapi yang menarik sepasang bambu. Hal ini dilakukan untuk membuat tanah menjadai gembur. Maksuda aawal diadakan Karapan Sapi adalah untuk melatih para sapi menjadi kuat untuk membajak sawah. Namun ternyata hal ini dijadikan tradisi turun menurun hingga saat ini.

Bantu lestarikan budaya Indonesia yang sangat kaya ini ya, ONTripers! Agar nanti anak cucu kita masih dapat melihat keanekaragaman budaya Indonesia dan bangga menjadi bagian dari negeri ini.

You may also like

1 Comment
  1. yeezy sneakers 10 months ago
    Reply

    I wish to express some thanks to you just for bailing me out of this issue. As a result of scouting throughout the the web and meeting notions that were not productive, I was thinking my entire life was gone. Living without the solutions to the issues you’ve solved as a result of your good write-up is a critical case, and the ones that could have adversely damaged my career if I had not discovered the website. The skills and kindness in taking care of every aspect was priceless. I’m not sure what I would’ve done if I had not come upon such a subject like this. I can at this point look forward to my future. Thanks a lot very much for this skilled and amazing help. I will not be reluctant to endorse your web site to any individual who would like counselling about this matter.

Leave a Comment

Your email address will not be published.