Inilah Kuliner Khas Malang Yang Rasanya bikin Nagih

by

Travelling memang sangat menyenangkan, apalagi ditambah dengan mencicipi kuliner di beberapa restoran. Jika ONTripers sedang liburan ke Surabaya cobalah untuk mencicipi satu kuliner khas Malang yakni Wedang Angsle. Minuman ini sangat diminati masyarakat dan wisatawan pada saat cuaca dingin. Wedang Angsle ini mirip seperti kolak, rasanya manis dan sangat enak pada saat panas. Isi dari semangkuk minuman khas ini terdiri dari kuah jahe, gula merah, dan santan. Namun ada beberapa variasi dalam penyajiannya dengan menambahkan pelengkap seperti kembang tahu, kacang tanah, wijen, dan bola-bola dari tepung ketan.

Dalam pembuatan wedang angsle ada berbagai versi yakni seperti wedang kacang ijo, wedang kacang tanah, dan wedang ketan duren. Daerah asal minuman ini dari Kota Malang, Jawa Timur dan sangat diminati warga pada saat musim hujan untuk menghalau udara dingin. Wedang Angsle biasanya mulai dijajakan pada sore hari dengan gerobak atau warung tenda.

Ternyata ada satu cerita dimana resep asli dari Wedang Angsle ini hanya menggunakan daun pandan dan vanili tidak memakai jahe. Rasanya terlihat aneh dan karena namanya sering memakai kata wedang, banyak orang menambah jahe untuk sekedar penghangat badan. Satu hal yang menjadi poin penting dalam wedang ini adalah rasa manis dari kuah santan dan aroma pandan harus tetap ada. Wah kuliner asli Indonesia yang masih terjaga keasliannya yah ONTripers.

Tidak berbeda jauh dari Wedang Ronde, Wedang Angsle wajib ada isian atau pelengkap terdiri dari kacang hijau, daun pandan, roti, dan kacang tanah sangrai. Jika masih belum lengkap ada beberapa warung menambahkan petulo atau putu mayang, nangka, ketan putih kukus, dan tape singkong. Yummy mantap benget.

Jika ONTripers belum sempat berkunjung ke kota Malang, Kamu bisa membuat sendiri semangkuk Wedang Angsle. Cukup mudah untuk membuat minuman asal Malang ini hanya dengan merebus jahe, vanili, santan, gula pasir, dan garam secukupnya hingga mendidih, setelah itu taruh dalam mangkuk yang sebelumnya sudah ada isian pelengkapnya. Selamat Mencoba!

Share agar Indonesia lebih eksis!

#ONTrip

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.