Ini Saksi Bisu Kesuksesan Sampoerna, Produk Anak Bangsa Indonesia

by

House of Sampoerna sebelumnya adalah sebuah panti asuhan yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1862 di Surabaya. Kemudian pada tahun 1932, seorang pengusaha Tionghoa bernama Liem Seeng Tee membelinya dan menjadikan bangunan ini sebagai pabrik rokok pertamanya. Nah, sekarang bangunan ini berubah menjadi tempat wisata untuk umum loh! Di dalamnya, kamu bisa mengunjungi museum, galeri seni dan juga coffee shop. Museum ini berisi segala informasi mengenai sejarah dan perkembangan bisnis rokok Sampoerna.

Nah, tempat ini cocok banget nih ONTripers untuk kamu yang sangat suka dengan galeri seni. Di galeri seninya kamu bisa melihat karya seni dari seniman-seniman terbaik di Indonesia loh. House of Sampoerna memiliki acara rutin keliling Surabaya loh ONTripers, biasanya sih disebut dengan “Surabaya Heritage Track”. Acara ini tidak dipungut biaya alias gratis yah ONTripers. Jadwal busnya dimulai pada pukul 09.00 – 10.00 WIB, lalu pada pukul 13.00 – 14.00 WIB dan pada pukul 15.00 – 16.00 WIB.

Kamu juga bisa memilih sesi pagi hari di akhir pekan yang berangkat pukul 09.00 – 10.30 WIB yang bertema Exploring Surabaya. Rute sesi ini yaitu melewati Balai Pemuda – City Hall – lalu terakhir ke De Javasche Bank. Salah satu kegiatan sangat menarik yang bisa kalian saksikan di sini adalah kalian bisa melihat secara langsung proses pembuatan rokok yang dilakukan dengan menggunakan berbagai peralatan tradisional dan dilakukan oleh para ribuan pekerja wanita yang mampu bekerja menghasilkan kurang lebih 325 batang rokok per jam.

Jam buka House of Sampoerna buka setiap hari (Senin-Minggu) mulai pukul 09.00-22.00 WIB dan GRATIS. House Of Sampoerna berlokasi di Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur. Ketika kamu ke Surabaya, sempatin mampir ke House Of Sampoerna ini yah ONTripers. Semoga setelah itu kamu juga bisa ketularan kesuksesan rokok ini ya. Amin!

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.