Ini Dia 7 Tips Diving di Tulamben

by

Diving jadi aktivitas yang asik buat mengisi liburan. Tapi taukah kalian ONTripers kalu sebenarnya diving merupakan olahraga yang cukup berbahaya? Buat ONTripers yang menyukai olahraga diving di Tumbalen Bali ada spot diving yang wajib kalian kunjungi, Ini dia tips sebelum kalian menyelam.

Dihimpun dari pengalaman detikTravel, ini dia cara yang aman buat menikmati diving di Tulamben:

  1. Cukup tidur
    Jika ingin menyelam, kalian harus punya stamina yang cukup. Karena di dalam laut Tulamben, airnya akan terus bergerak. Jika kalian sampai kurang tidur maka tubuh akan mudah lelah. Belum lagi olahraga ini membutuhkan keseimbangan di dalam air. Sangat berbahaya kalau ONTripers sampai pingsan di dalam air. Risiko kematian di bawah air lebih besar karena terlambat ditangani.
  2. Jangan minum soda sebelum menyelam
    Saat menyelam, tubuh akan dipaksa melawan gravitasi. Soda yang ada di dalam softdrink akan membuat tubuh mengeluarkan gas.Hal ini akan sangat berbahaya di bawah air. Karena saat mengeluarkan gas, bisa saja muntah di dalam air. Keadaan ini akan sangat berbahaya. Jadi jika ingin melakukan peyelaman, di harapkan tidak minum soda minimal 1×24 jam.
  3. Jangan sentuh terumbu karang
    Melihat keindahan bawah laut Tulamben tak lain adalah menikmati ikan-ikan di antara terumbu karang. Tapi ada sebagian orang yang tidak tahu kalau karang atau coral tidak boleh disentuh. Kenapa tidak boleh? Karena karang adalah hewan yang sangat sensitif. Betul, karang adalah hewan. Pertumbuhannya pun sangat lambat. Hanya kurang dari 1 cm per tahunnya. Belum lagi beberapa karang memiliki sengat. Kalian yang menyentuh karang akan tersengat dan mengalami bengkak di kulit. Jadi hati-hati ya ONTripers.
  4. Lisensi
    Ini adalah bagian terpenting saat ingin menyelam. Bagi ONTripers yang belum memiliki lisensi tidak perlu khawatir. Karena kalian bisa menyewa dive guide sebagai ‘buddy’ atau teman menyelam.
    Hal yang harus diperhatikan adalah terus berkomunikasi dengan buddy. Caranya dengan menggunakan body language atau bahasa tubuh yang sudah disepakati secara internasional.
    Traveler harus bisa menggunakannya, sehingga jika ada masalah buddy akan segera menanganinya.
  5. Cek spot diving
    Tulamben punya 4 spot cantik yang jadi daya tarik turis. Pertama spot Kapal USAT Liberty yang karam pada zaman penjajahan Jepang. Kemudian ada Coral Garden yang penuh dengan karang warna-warni dan patung Buddha di kedalaman 5 meter. Selain itu ada palung-palung dan emerald yang tak kalah cantik. Sayang sekali kalau hanya menyelam di satu spot saja. ONTripers yang hanya punya waktu sebentar pun bisa menikmati spot-spot ini semua. Kalian bisa masuk dari spot kapal karam Liberty dan keluar di spot Coral Garden. Sekali penyelaman kalian bisa mendapatkan 2 spot sekaligus!
  6. Kenali daerah penyelaman
    Mengenali bentuk daerah penyelaman akan sangat bermanfaat bagi ONTripers. Tulamben merupakan daerah laut curam. Sehingga traveler tidak perlu menyewa kapal untuk masuk ke spot Coral Garden dan Kapal USAT Liberty. Kalian hanya perlu melakukan open entry. Open entry adalah masuk ke perairan lewat pantai.
    Karena Tulamben adalah pantai curam, artinya arus dan gelombang di daerah ini cukup kuat. Traveler harus hati-hati dan terus berada di samping guide. Kalau terpisah, bisa-bisa kalian terseret arus dan menambrak badan kapal atau karang.
  7. Coba night dive
    Diving saat malam? Siapa takut. Kalau mau melihat kehidupan laut yang berbeda kalian bisa mencoba night dive. Tak perlu takut karena nantinya akan diperlengkapi dengan senter sehingga tetap aman. Lewat night dive kalian bisa melihat biota nocturnal yang mencari makan. Biota nocturnal adalah hewan yang aktif hanya pada saat malam hari. Karang-karang pun akan makin terlihat bersinar di bawah sorotan lampu senter. Amazing!

 

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.