Kuliner Khas Yogyakarta Yang Akan Membuat Nafsu Makanmu Bangkit

by

Gudeg (Gudheg bahasa jawa) merupakan salah satu olahan makanan khas Jogja, oleh karena itu banyak orang menyebutnya dengan gudeg Jogja. Gudeg Jogja terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan selama berjam-jam agar rasanya kuat dan khas. Warna coklat pada olahan makanan ini biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu, dan sambal goreng krecek.

Belum ke Jogja namanya jika belum pernah mencicipi gudeg Jogja, sejak puluhan tahun lalu gudeg menjadi kuliner Jogja paling popular. Tak hanya sentra gudeg , hampir setiap sudut kota Jogja menyajikan makanan khas yang sangat lezat ini.

Gudeg sendiri memiliki beberapa varian, antara lain gudeg kering, basah dan solo. Gudeg kering biasanya disajikan  dengan areh kental dan jauh lebih kental apabila dibandingkan dengan santan yang ada di masakan Padang. Apabila pada gudeg kering arehnya sangat kental, maka pada gudeg basah berlaku sebaliknya. Gudeg basah disajikan dengan areh yang encer (cair). Varian yang terakhir adalah gudeg Solo, yaitu gudeg dengan areh yang berwarna putih.

Sayur nangka pada Gudeg menawarkan perpaduan manis dan gurih, sangat enak terasa di lidah. Krecek diiris tipis lalu dimasak menjadi sambal kering berwarna kekuningan. Ditambah telur pindang dan areh, gudeg ini tambah nikmat saja. Buat kamu yang ingin berwisata atau sedang berada di Jogja, kamu harus mencobanya yah pasti ketagihan deh.

Share agar Indonesia lebih eksis!

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.