Fantastis, Tempat Ibadah Umat Kristen Katholik Terbesar di Indonesia

by

Gua Maria Lourdes di Puh Sarang, Kediri, adalah tempat beribadat umat Kristen Katholik. Pada bagain atasnya berdiri dengan anggunnya sebuah Patung Maria Lourdess. Bukan sembarang patung biasa, karena patung itu berukuran cukup besar dan tinggi dan berada pada tempat yang disakralkan. Lokasi ditempatkannya patung itu juga berada pada tebing gua.

Gua Maria Lourdes merupakan gua tiruan atau replika Gua Maria Lourdess yang ada di Perancis. Sengaja dipilih nama Gua Maria Lourdess sebab dalam Gereja Santa Maria Puhsarang yang lama dalam kawasan ini terdapat tiruan gua Lourdess dalam bentuk yang kecil. Di sekitar patung yang kecil dalam gua pertama tertulis tulisan di atas kuningan dengan menggunakan bahasa Jawa ejaan lama: Iboe Maria ingkang pinoerba tanpa dosa asal, moegi mangestonana kawoela ingkang ngoengsi ing Panjenenengan Dalem atau dalam bahasa Indonesia berarti : Bunda Maria yang terkandung tanpa dosa asal, semoga berkenan merestui aku yang datang berlindung kepada Engkau dengan berdasarkan pada foto-foto dan gambar gua Lourdes yang ada di Perancis , kemudian dibuat maket gua tersebut oleh Bapak J. Sumartono, S.Sn, seorang dosen senirupa dari Yogyakarta.

Selain gua, terdapat juga 12 pancuran air yang melambangkan 12 rasul Yesus. Pancuran air ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan, karena airnya bisa langsung diminum. Konon, air ini berkhasiat untuk kesehatan dan keberuntungan. Beberapa ritual yang dilakukan di sini antara lain Misa Novena atau doa sembilan kali, juga tirakatan malam Jumat Legi.

Kawasan wisata religi Gereja Puhsarang terletak di Desa Puhsarang, kabupaten Kediri – Jawa Timur. Lokasinya sekitar 13 km dari pusat kota Kediri.

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.