Fantastis, Inilah Candi Hindu Tercantik di Dunia

by

Candi Prambanan adalah bangunan yang sangat luar biasa cantik, dibangun di abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Menjulang setinggi 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, di tengah area yang kini dibangun taman indah.

Nah, ketika kamu liburan ke Yogyakarta kamu harus berkunjung ke candi tercantik ini yah ONTripers. Kamu bisa mengenal seni sastra dan cerita Hindu. Bagi kamu yang suka selfie atau hunting photo di candi ini juga bagus loh, apa lagi ketika matahari sunset yah ONTripers. Mengambil foto dari berbagai sudut dan Candi Prambanan akan selalu tampak cantik kokoh berdiri. Pada malam hari, tempat wisata ini semakin cantik dengan lampu-lampu yang menyala dan mengarah ke Candi Trimurti. Candi ketiga dewa tersebut tampak berdiri megah dengan cahaya keemasan.

Kalian juga bisa berkeliling di bangunan seluas 39,8 hektar dengan berjalan kaki. Pelataran kompleks ini ditanami banyak tumbuhan sehingga tampak seperti taman yang luas. Kalian bisa berburu souvenir juga loh! Di kompleks tempat wisata ini telah dibangun banyak kios yang menjual souvenir khas Candi Prambanan seperti kaos, gantungan kunci, kalung, gelang sampai miniatur candi.

Jika ingin menikmati Candi Prambanan dengan cara yang berbeda, kamu bisa datang pada malam purnama setiap bulannya pada pukul 20.00 – 22.00. Pada saat itu, digelar pertunjukan sendratari Ramayana di panggung terbuka trimurti dengan latar ketiga candi dewa yang disoroti lampu. Pertunjukan di panggung terbuka ini hanya dilakukan pada saat musim kemarau, sedangkan pada musim hujan, lokasi pertunjukan dipindahkan ke panggung tertutup. Jam buka Candi Prambanan, setiap hari pukul 06:00 – 17:00 (Pada saat digelar pertujunkan sendratari Ramayana, kamu masih bisa masuk ke Candi Prambanan pada malam hari setelah membeli tiket), harga tiket masuk Candi Prambanan, Dewasa 30.000 Rupiah untuk WNI dan 18 USD untuk WNA, Anak-anak 12.500 Rupiah untuk WNI dan 9 USD untuk WNA.

Tunggu apa lagi? Jangan sampai dibilang kurang gaul ya karena belum pernah sekali pun ke sini. See ya!

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.