Menakjubkan, Candi Indah Ini Tempat Bersemayamnya Para Raja

by

Dinamakan candi Brahu, tempat ini diduga berasal dari kata wanaru atau warahu. Nama ini didapat dari sebutan sebuah bangunan suci yang disebut dalam Prasasti Alasantan yang ditemukan tak jauh dari Candi Brahu. Bangunan yang memiliki arsitektur unik ini merupakan salah satu candi yang terletak di dalam kawasan situs arkeologi Trowulan, bekas ibu kota Majapahit. Tepatnya, candi ini berada di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Dalam prasasti yang ditulis Mpu Sendok bertanggal 9 September 939 (861 Saka), Candi Brahu ini merupakan tempat pembakaran (krematorium) jenazah raja-raja loh! Akan tetapi, dalam penelitian tidak ada satu pakar pun yang berhasil menemukan bekas abu mayat dalam bilik candi ini. Hal ini diverifikasi setelah dilakukan pemugaran candi pada tahun 1990 hingga 1995.

Diduga di sekitar candi ini banyak terdapat candi-candi kecil. Sisa  yang sebagian sudah runtuh masih ada, seperti Candi Muteran, Candi Gedung, Candi Tengah, dan Candi Gentong. Menarik bukan? Kamu harus kunjungi salah satu peninggalan bersejarah ini ONTripers, sangat keren yes!

Share agar Indonesia lebih eksis!

 

 

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.