Terletak Di Pegunungan, Saksikan Keindahan Candi Dan Sejukkan Pikiranmu Bersamaan Di Sini!

by

Lelah dan penat dengan rutinitas di hari kerja? Nampaknya menghirup udara segar dan merasakan dinginnya hempasan embun khas pegunungan akan menyegar pikiranmu. Di Gunung Ungaran, semua itu bisa kamu dapatkan sembari menyaksikan indahnya saksi sejarah peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 yang dinamai dengan Candi Gedong Songo sesuai jumlah candi yang sebanyak 9 bangunan.  Ditemukan pertama kali oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1740 M, saat itu hanya ditemukan 7 buah bangunan candi sehingga dia menamainya dengan Candi Gedong Pitu, arti kata “pitu” dalam bahasa Indonesia adalah tujuh.

 

Pada tahun 1908 – 1911 seorang arkeolog dari belanda Van Stein Callenfels kembali melakukan penelitian lagi di komplek candi Gedong Pitu. Dalam kurun waktu 3 tahunan Callenfels menemukan lagi 2 candi lainnya yang bertempat tidak jauh dari candi-candi yang sebelumnya yang telah ditemukan Raffles, sehingga total kesemuaan candi yang ditemukan menjadi 9 buah. Dengan ditemukannya 2 candi yang lain ini maka nama Candi Gedong Pitu berubah menjadi Candi Gedong Songo.

 

Pemugaran Candi Gedong I dan Candi Gedong II dilakukan pada tahun 1928 – 1929. Sedangkan pemerintah Indonesia pada tahun 1972 – 1982 melakukan pemugaran total terhadap bangunan Candi Gedong Songo. Bahkan pemugaran area wisata tersebut dilakukan sampai saat ini sehingga semakin terlihat indah dan rapi namun tanpa merubah struktur bangunan-bangunan candi yang ada.

 

Utuk menuju Candi Gedong Songo, dari arah Solo bisa mengikuti jalur menuju Semarang. Sesampainya di terminal Bawen pilihlah jalur ke kiri untuk menuju kota Ambarawa. Sesampainya di Ambarawa ada pertigaan yang jaraknya tidak jauh dari Pasar Ambarawa. Di pertigaan ini (orang sekitar sering menyebut pertigaan dengan nama paoline) juga menjadi tempat mangkal angkot menuju ke Bandungan, maka ambillah jalur ke kanan dan lurus terus sampai menemukan pertigaan Bandungan ambil jalur ke kiri dan terus lurus sampai POM Bensin Palbapang Sumowono ada pertigaan silahkan ambil jalur kanan dan lurus sampai menemukan kawasan wisata Candi Gedong Songo.

 

Dengan harga tiket yang sangat terjangkau enam ribu rupiah, kamu bisa menikmati kesejukan udara Gunung Ungaran dan menyaksikan kemegahan Candi Gedong Songo. Disana, kamu juga akan menemukan pemandian air panas dan air terjun yang bisa kamu telusuri dengan menyewa kuda loh, ONTripers! Yuk rencanakan liburnamu ke Candi Gedong Songo!

 

#ONTrip

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.