Tradisi Ma'Nene di Toraja - Indonesia

Bukan di Sinetron Religi, Fenomena Ini Terjadi Di Tana Toraja

by

Kejadian bangkit dari kubur mungkin hanya kita saksikan di sinetron religi atau cerita masyarakat. Namun jika kamu berkunjung ke Tana Toraja, fenomena tersebut bisa kamu lihat dengan mata kepalamu sendiri!

Bukan hanya bangkit, bahkan jenazah yang dimakamkan bertahun-tahun di sebuah tebing tinggi dan dimakamkan di kuburan batu tersebut berjalan mencari rumahnya. Fenomena unik dan menyeramkan ini telah ada di masyarakat Toraja sejak jaman leluhur hingga saat ini.

Ritual Ma’nene berawal ketika seorang pemburu bernama Pong Rumsek menemukan jasad manusia di hutan pegunungan Balla, kemudian membawa dan mengenakannya pakaian yang layak untuk dikuburkan di tempat aman. Semenjak kejadian itu, tanaman pertanian Pong panen lebih cepat dari waktu biasanya. Iapun mendapatkan hasil buruan dengan lebih mudah.

Prosesi ritual Ma’nene diawali dengan mengunjungi pemakaman para leluhur masyarakat setempat di pekuburan Patane di Lembang Paton, Kecamatan Sariale, Tanatoraja. Disana, jenazah para leluhur disimpan di dalam peti yang telah diberi pengawet.

Sebelum dibuka dan di angkat dari peti, para tetua yang biasa dikenal dengan nama Ne’ Tomina Lumba, membacakan doa dalam bahasa Toraja Kuno. Setelah itu, jenazah tersebut diangkat dan mulai dibersihkan dari atas kepala hingga ujung kaki dengan menggunakan kuas atau kain bersih. Setelah itu, barulah mayat tersebut dipakaikan baju yang baru dan kemudian kembali dibaringkan di dalam peti tadi.

Selama prosesi tersebut, sebagian kaum lelaki membentuk lingkaran menyanyikan lagu dan tarian yang melambangkan kesedihan. Lagu dan gerak tarian tersebut guna untuk menyemangati para keluarga yang ditinggalkan. Ritual ini tidak boleh di lakukan sebelum masa panen karena menurut kepercayaan mebuat sawah dan ladang yang mereka miliki akan mengalami kerusakan karena diserang oleh hama seperti tikus dan ulat dengan secara tiba-tiba sehingga menyebabkan kerugian bagi masyarakat di sana.

Ayo kunjungi Tana Toraja dan jadilah saksi fenomena bangkitnya jenazah yang bangkit dan berjalan. Share agar dunia tau uniknya Indonesia dan jangan lupa like fanspage ONTrip!

#ONTrip
#ONTripTravel
#Indonesia

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.