Barobbo

BAROBBO! Makanan Khas Manado Yang Bikin Ketagihan

by

Apa sih yang bisa membuat ketagihan dari makanan ini? Yuk kita kupas secara detail tentang makanan ini. Barobbo adalah makanan khas dari Sulawesi Selatan. Lucu yah namanya tapi tunggu dulu ONTripers jangan tertawa sebelum merasakan kenikmatannya. Barobbo merupakan makanan khas yang terbuat dari Jagung atau masyarakat sulawesi selatan kenal dengan nama “Biralle” (Makassar) atau “arelle” (Bugis). Makanan ini merupakan salah satu makanan dengan penggemar yang cukup fantastis. Di kalangan masyarakat sendiri bahan dasar makanan ini sangat memang sangat familiar. Jagung untuk masyarakat Sul-Sel sendiri berada di urutan kedua setelah pisang untuk dibuat masakan atau makanan, baik itu dalam bentuk kue, makanan tradisional, campuran untuk sayur, dll. Masakan ini biasanya oleh masyarakat Sul-Sel di buat setelah panen jagung, terutama daerah yang memiliki atau menjadi penghasil jagung.

Barobbo sendiri dibuat dari jagung, daging ayam yang sudah disuwir-suwir atau bisa juga pakai udang, lalu ditambahkan bawang merah, bawang putih, merica, bayam, kangkung, sawi, dan daun sup. Sebagai pelengkapnya, kamu bisa menambahkan jeruk dan cabe,atau ditambah lagi dengan perkedel jagung (kambing biralle)

Nah, untuk perkedel jagungnya, kamu bisa buat dengan cara jagung yang sudah diparut atau yang berbentuk bulir kemudian dicampurkan dengan telur (bajao/tello) satu biji, bawang merah, bawang putih, merica sedikit, tepung satu sendok atau disesuaikan kebutuhan kamu ditambah daun sup atau daun bawang untuk enaknya tambahkan udang. Gimana mantap bukan?

Namun jika kalian para ONTripers ingin mencicipi makanan Barobbo, Rumah Makan Kapolo bisa jadi salah satu pilihanmu. Rumah makan yang terletak di Jl Faisal XII No.6 Makassar, menyediakan makanan Barobbo dan masakan umum lainnya. Selamat mencoba!
#ONTrip
#ONTripKuliner
#KulinerManado
#KulinerNusantara

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.