ONTrip-Kota Lima-Peru-Kota Tak Pernah Hujan

Aneh! Ini Kota Yang Tidak Pernah Hujan

by

Jika hujan terkadang dianggap sebagai penghalang untuk beraktifitas, mungkin ini saatnya kita bersyukur. Hidup di Indonesia yang beriklim tropis dengan curah hujan sepanjang tahun ternyata menjadi berkah tersendiri. Bayangkan, apa jadinya jika kita hidup di wilayah tanpa hujan samasekali? Itulah yang dirasakan warga Kota Lima, Ibukota Negara Peru. Kota ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu wilayah kota tua dan baru.

Wilayah kota tua berada di bagian utara dimana terdapat banyak bangunan kolonial, seperti istana negara Pizarro Palace hingga gereja tertua di Peru, Iglesia de San Francisco. Kota empat musim ini pun hanya mengalami penurunan suhu yang drastis saja ketika memasuki musim dingin tanpa adanya salju yang turun. Setelah itu suhu udara akan kembali naik di musim semi dan panas.

Meski tak pernah turun hujan, bukan berarti kota ini kering dan gersang. Karena sebagai gantinya, seluruh kota akan berkabut di sekitar musim dingin, terutama bulan Desember dan Januari. Ketika langit sudah mulai terlihat mendung, kabut akan turun dan menutupi jarak pandang. Setelah kabut hilang, suasana kota langsung basah seperti telah turun hujan. Namun jangan dibandingkan basahnya kota ini seperti Jakarta yang becek setelah hujan deras, ini hanya basah sedikit-sedikit saja.

Pada puncak musim panas pun udara di Lima hanya mencapai sekitar 24 derajat celcius saja. Sementara di musim dingin hanya sampai sekitar 16 derajat Celcius. Jadi bisa dibayangkan musim dingin di sini tidak ada salju maupun hujan, hanya cuaca saja yang berubah menjadi lebih dingin dari biasanya. Hal unik yang bisa ditemukan di Lima adalah kota ini tidak punya selokan. Karena tidak pernah turun hujan, jadi mungkin selokan juga tidak banyak berguna. Warga setempat juga tidak pernah membeli payung atau perlengkapan hujan lain. Hujan menjadi fenomena yang ditunggu oleh warga Lima.

Kalau suatu saat kamu berkesempatan berkunjung ke Kota Lima, kopermu akan sedikit lega karena berkunjung ke kota ini mungkin kamu tidak perlu membawa payung.

#ONTrip
#ONTripTravel
#Mancanegara

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.