9 Tempat Wisata Terbaik di Tabanan Versi ONTrip

by

Tabanan adalah salah satu kabupaten yang cukup terkenal di Bali. Tabanan berbatasan dengan Jembrana, Badung dan Lautan Samudera Hindia. Letak Tabanan sekitar 35 KM dari Denpasar.  Nah, jika kamu berada di Kabupaten Tabanan, berikut tempat wisata yang wajib kamu kunjungi.

  1. Tanah Lot

Mungkin nama tempat wisata ini sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Tanah Lot merupakan tempat wisata popular di Tabanan. Hal yang menarik dari tempat ini adalah di sana terdapat pura yang berada di atas batu karang. Pura tersebut tampak cantik dengan pemandangan pantai di sekitarnya. Akses untuk menuju pura ini pun hanya bisa dilewati jika air laut surut. Hal ini disebabkan jika air pasang, maka jalan menuju pura akan tergenang air dan sulit untuk dilewati. Hal menarik lainnya yang bisa didapatkan di tempat ini adalah silhuet pura yang sangat cantik ketika matahari mulai tenggelam. Tidak heran jika Tanah Lot dipenuhi pengunjung sekitar pukul 17.00.

  1. Bedugul

Bedugul terletak di utara Kabupaten Tabanan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Buleleng di sebelah utara. Objek wisata Bedugul berada pada ketinggian sekitar 1.240m di atas permukaan laut. Ini yang menyebabkan Bedugul memiliki udara yang sejuk dan segar walaupun matahari sedang bersinar terang. Di Bedugul terdapat 2 tempat wisata yang diburu oleh para pelancong, yaitu Kebun Raya Eka Karya  dan Danau Beratan. Kebun Raya Eka Karta adalah tempat pelestarian tanaman langka. Sedangkan Danau Berantan memiliki sebuah pura yang berada ditengahnya bernama Pura Ulun Danu.

  1. Alas Kedaton

Tempat wisata ini berada di Desa Kukuh, kecamatan Marga yang berda sekitar 3 KM dari utara Tabanan. Alas Kedaton memiliki beberapa pura yang dipercaya sebagai pura keramat dan dihormati oleh berbagai lapisan masyarakat di Bali. Di sana terdapat ratusan ekor kelelawar yang akan menemani perjalananmu untuk berkeliling melihat pura-pura keramat tersebut.

 

 

  1. Taman Pahlawan Margarana

Tempat ini juga menjadi salah satu tujuan para turis yang datang. Taman Pahlawan Margarana berada di Desa Kelaci, Kecamatan Marga. Kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari kota Tabanan untuk sampai ke tempat ini. Tempat ini berdekatan dengan Bedugul, jadi jika kamu berkunjung ke Bedugul kami rekomendasikan agar mampir juga ke tempat ini. Dibangun pada tahun 1954, Monumen ini masih kokoh berdiri hingga saat ini. Terdapat lebih dari 1.300 nisan yang ada di Taman Pahlawan Margarana dan mereka gugur saat perang kemerdekaan di Bali.

  1. Taman Kupu-Kupu

Tempat ini sangat cocok untuk para pecinta kupu-kupu. Karena di tempat ini kamu dapat melihat keidahan dari beberapa jenis kupu-kupu. Tempat ini telah dibuat semenjak tahun 1996. Di sini, bisa dijadikan sebagai objek utama pemotretan untuk para pecinta fotografi.

 

 

  1. Museum Subak

Salah satu tempat wisata di Tabana yang bertema edukasi adalah Museum Subak. Museum ini berada tidak jauh dari pusat kota Tabanan. Berbagai koleksi yang berhubungan alat-alat pertanian kuno dirawat dan disimpan cukup apik di sini. Sehingga tak heran banyak mahasiswa yang mengambil jurusan pertanian melakukan berbagai penelitian tentang alat-alat pertanian kuno di sini.

 

  1. Air Panas Penatahan

Ini dia yang cukup berbeda dari Tabanan. Terdapat Pemadian Air Panas Penatahan yang dapat membuat badanmu lebih relaks dan segar. Dengan berendam di pemandian air panas ini, kamu bisa merasakan melepaskan segala kepenatanmu dari segala rutinitas yang menghantuimu.

 

  1. Pura Malen

Pura ini terletak di Desa Pujungan, Kecamatan Papuan, Tabanan, Bali. Di tempat ini kamu akan menjumpai beberapa patung yang besar dan megah. Diantaranya patung yang menyerupai sosok dewa Siwa dan juga Dewi Sri yang sangat terkenal di dalam ajaran agama Hindu yang dianut oleh sebagian besar masyarakat Bali.

 

  1. Danau Beratan

Danau Beratan adalah salah satu objek wisata dari Tabana. Bukan hanya keindahan dan udara sejuk di danau ini, akakn tetapi di sini juga terdapat sebuah pura cantik yang berada di tengah-tengah danau. Inilah yang membuat tempat ini popular dan banyak didatangi oleh para pengunjung. Bahkan kepopuleran tempat ini dibuktikan dengan dijadikan icon di salah satu mata uang Republik Indonesia, yaitu pecahan Rp 50.000,-. Pastikan kamu bisa melihat langsung tempat ini ketika kamu berada di Bali, ya!

 

Nah, itu dia 9 tempat wisata terbaik di Tabanan versi ONTrip. Pastikan kamu bisa menjadi saksi hidup keindahan tempat-tempat wisata yang ada di Tabanan ini. Happy Travelling, ONTripers!

 

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.