9 Makanan Indonesia Yang Mendunia

by

Negara kita memang terkenal akan tempat wisatanya yang seringkali dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Tetapi, tidak hanya itu saja wisata kulinernya yang lezat ini ternyata juga sangat mendunia. Makanan khas Indonesia yang sangat terkenal dan kaya akan rempah-rempahnya ternyata sudah banyak dikenal oleh berbagai macam belahan negara. Dari Sabang sampai Merauke tentunya banyak sekali pilihan kuliner yang bisa kamu santap di negeri ini. Hal ini pun menyebabkan makanan Indonesia selalu tampil dalam ajang festival kuliner dunia karena hampir semua wisata kuliner Indonesia ini menggunakan rempah-rempah yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Inilah sebabnya makanan Indonesia begitu banyak diminati dan memiliki khas tersendiri. Berikut 9 kuliner Khas Indonesia yang sangat mendunia.

  1. Rendang

Yang pertama adalah Rendang, siapa sih yang tidak mengenal rendang? Makanan khas Sumatera Barat yang kental dengan rempah-rempah ini telah mendunia. Rendang dinobatkan sebagai makanan nomor satu paling lezat di dunia dalam daftar Worlds 50 Most Delicious Food oleh survey yang dilakukanoleh CNN padatahun 2011. Maka tidak heran pada tahun 1987, waralaba luar negeri sebesar Burger King pernah membuat Rendang Burger. Untuk mendapatkan makanan khas Sumatra Barat ini tidaklah sulit. Sekarang sudah banyak Rumah Makan Padang di berbagai daerah di Indonesia yang menyediakan rendang. Seiring dengan terus berkembangkan Rumah Makan Padang, rending menjadi semakin terkenal. Banyak sekali berbagai variasi seperti rending ayam, bebek, hati dan ikan tongkol. Walaupun yang paling terkenal adalah rending sapi.

  1. Sate

Sate atau orang asing lebih familiar dengan kata sate merupakan makanan khas dari daerah Jawa, tapi sate juga sudah sangat populer di Negara tetangga seperti Malaysia, Singapura. Salah satu Negara bagian Amerika, tepatnya di Kota New York terdapat restoran Indonesia yang bernama Satay Junction. Restoran ini menjual berbagai menu sate yang sudah sangat popeler disana mulai dari sate ayam dan sapi. Sate merupakan makanan yang terbuat dari potongan daging sapi, ayam dan kambing yang telah dipotong kecil-kecil lalu ditusukan kebambu. Setelah itu sate akan dibakar dan disajikan dengan berbagai macam bumbu sambal. Seperti bumbu kacang dan bumbu kecap yang diberi irisan cabai dan bawang. Hampir semua orang menyukai makanan ini karena memiliki cita rasa yang sangat enak, sate biasanya dihidangkan bersama nasi dan lontong.

3. Gudeg

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Yogyakarta tidak mencicipi makanan khas-nya yaitu gudeg. Saking terkenalnya gudeg sampai dijadikan julukan untuk Kota Yogyakarta, yaitu “Kota Gudeg”. Bahan utama dari gudeg adalah nangka muda yang direbus selama berjam-jam dengan campur angula kelapa dan santan. Cita rasa yang dihasilkan adalah rasa manis yang khas terasa di lidah. Pada umumnya masyarakat Jawa menyukai rasa manis. Gudeg biasa disajikan dengan nasi putih, daging ayam, tahu, tempe, telur dan krecek. Terdapat dua macam jenis gudeg, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Yang membedakan keduanya adalah gudeg basah memiliki lebih banyak santan disbanding dengan gudeg kering.

Untuk mendapatkan gudeg ini kita tidak perlu datang langsung ke Yogyakarta. Sekarang gudeg sudah tersedia hampir seluruh kota di Indonesia. Mengingat rasa manisnya sangat khas yang membuat para wisatawan sering mencari gudeg. Terpatnya di kawasan Clayton Road, Melbourne, Australia terdapat Warung Gudeg yang menyediakan gudeg asli Indonesia.

  1. Bakso

Bakso merupakan salah satu jenis makanan “streetfood” yang sering dijumpai di berbagai tempat yang kita kunjungi. Tidak heran sangat mudah untuk mendapatkan jajanan yang satu ini. Penjual biasanya menggunakan gerobak dorong atau kedai dalam menjajakannya. Pada umumnya bakso terbuat dari daging sapi, ayam atau ikan yang digiling lalu di olah bersama tepung tapioca atau kanji. Bakso sendiri paling enak dihidangkan dalam keadaan panas dicampur dengan mie, bihun sayuran lalu ditaburi oleh seledri dan bawang goreng. Jajanan ini sangat pupoler dan merakyat sehingga semua kalangan bisa menikmatinya. Tempat yang paling terkenal dengan “bakso-nya” adalah Malang dan Solo. Bakso Malang dan bakso Solo biasanya disajikan dengan khas daerahnya masing-masing. Inovasi bakso ini juga sudah berkembang sangat pesat, sekarang terdapat berbagai macam bakso dengan beragam isi seperti bakso isi urat, telur bahkan keju. Sampai sekarang sudah tersedia bakso dalam kemasan yang sudah banyak tersedia di Swalayan. Siapa sangka jajanan merakyat ini juga disukai oleh turis-turis asing.

  1. Soto

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sotonya masing-masing dengan cara pengolahan dan rasa sesuai khas daerahnya. Banyak sekali jenis soto, seperti Soto Bandung, Soto Banjar, Soto Makassar, Soto Betawi, Soto Bogor, Soto Lamongan, Soto Lenthok, Soto Kemiri dan masih banyak lagi. Hampir di setiap daerah, soto memiliki bahan dasar yang sama yaitu daging ayam atau daging sapi yang dicampur dengan bihun lalu disiram degan kuah kaldu. Soto biasa dihidangkan dengan nasi atau lontong dengan daging/jeroan dan disiram berbagai macam kuah. Terkadang soto juga diberi beberapa macam tambahan seperti telur, kerupuk, kacang, koya dan perkedel.

  1. Sop Buntut

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa makanan khas Indonesia ini dibuat dengan bahan dasar buntut sapi. Sekilas terasa aneh karena berbahan dasar buntut/ekor. Tapi jika sudah mencicipi sop buntut pasti akan merasa ketagihan. Buntut/ekor sapi memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih. Ditambah lagi terdapat tulang rawan dan lemak yang siap memanjakan lidah jika memakannya. Pada proses penyajiannya, sop buntut biasa dihidangkan dengan tambahan sayur seperti kentang dan wortel dan dibumbui dengan berbagai macam rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih cengkeh dan merica untuk menambahkan rasa khasnya. Saat ini terdapat variasi baru dalam pembuatan sop buntut, yaitu sop buntut goreng. Sop buntut ini disajikan kering, sedangkan kuahnya disajikan secara terpisah. Pokoknya makanan khas ini wajib dicoba kelezatannya yang terkenal gurih.

  1. Tempe

Jika kita mendengar kata tempe yang pertama terbesit adalah makanan yang cukup murah dan sangat mudah didapat. Tapi siapa sangka makanan yang kaya akan protein ini juga laris di kalangan turis luar negeri. Tepatnya Kota London terdapat sebuah “streetfood” yang bernama Warung Tempeh yang sudah sangat populer dan juga diminati oleh masyarakat sekitar. Selain harganya yang murah, kandungan protein dan nutrisi yang terkandung dalam tempe sangat banyak. Kita tidak perlu khawatir memakan tempe dalam jumlah yang banyak karena tidak memberi efek samping.

Biasanya tempe akan dimasak dengan bahan baku lain, seperti ditumis atau di bacem. Hampir seluruh kaum vegetarian di dunia menjadikan tempe ini sebagaipengganti daging. Kandungan gizi yang terkandung di dalamnya sangat banyak dan menyehatkan. Sudah banyak tempat di dunia yang memproduk si tempe. Sebuah penelitian penelitian di berbagai Negara seperti Jerman, Jepang dan Amerika telah mengembangkan bakteri Rhizopus untuk terus memperbaiki kualitas tempe agar menghasilkan kandungan gizi yang lebih banyak.

  1. Nasi Goreng

Nasi goreng sangat mudah untuk dijumpai, makanan yang biasa disantap pada saat sarapan dan makan malam ini sekarang sudah memiliki banyak varian rasa. Makanan dengan bahan dasar nasi putih yang di aduk dengan berbagai macam bumbu dan rempah rempah ini juga telah banyak tersedia di hotel berbintang. Bukan hanya di jual oleh gerobak dorong. Nasi goring juga telah di akui oleh mantan Presiden Amerika Serikat yaitu Barack Obama, beliau menyebutkan bahwa nasi goreng yang berasal dari Indonesia sangat enak dan lezat. Sebuah polling internet yang diadakan oleh CNN International pada tahun 2011 dan diikutioleh 35.000 orang. Sehingga menunjukan bahwa Nasi Goreng berada pada peringkat kedua dalam daftar Worlds 50 Most Delicious Food, dan peringkat pertama ditempati oleh rendang.

  1. Gado-Gado

Tanah Pasundan patut berbangga karena makanan khasnya yaitu gado-gado semakin kesini semakin banyak pembelinya, seperti halnya salad, gado-gado. Makanan khas Indoesia ini terbuat dari rempah-rempah. Siapa sangka pada tahun 2010 lalu, gado-gado menjadi pemenang pertama dalam perlombaan memasak tingkat Internasional pada kategori sajian kuliner estetika di Napolo, Italia. Pada awalnya, gado-gado hanya sebatas makanan rakyat biasa. Tapi karena rasa bumbu kacangnya yang unik membuat gado-gado semakin terkenal. Bahkan sudah banyak menu restoran yang menyediakan gado-gado sebagai menu utamanya. Selain menyehatkan, gado-gado juga mengenyangkan. Karena berbagai sayuran yang disiram dengan bumbu kacang ini bisa ditambahkan dengan lontong atau nasi.

Nah itulah tadi 9 makanan Indonesia yang mendunia, makanan favoritmu ada gak ya di atas? Keunikan dan kekhasan kuliner di Indonesia yang kaya dengan citarasa juga selera memang sangat mantap! Maju terus kuliner Indonesia, jangan sia-siakan alammu yang kaya dengan rempah-rempah.

 

Share agar Indonesia lebih eksis!

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.