9 Kuliner Terbaik Denpasar Versi ONTrip

by

Jangan kira makanan-makanan yang rasanya lezat hanya terdapat di kawasan pariwisata saja. Sebagai ibu kota provinsi Bali, Denpasar juga memiliki wisata kuliner dengan sajian yang tidak biasa. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya saat kamu berlibur ke Bali, sempatkanlah untuk mengunjungi tempat-tempat kuliner khas Denpasar dan Bali berikut ini:

  1. Krupuk Klejat

Camilan khas Denpasar ini terbuat dari siput atau kerang laut. Diberi nama klejat karena berarti kerang laut. Proses pembuatan camilan ini hanya dengan mengeringkan siput atau kerang laut yang sudah dibersihkan lalu ditaburi garam dan digoreng. Kamu dapat menemukan Krupuk Klejat ini di daerah Serangan.

  1. Olahan Kakul Pan Putu

Kakul atau siput adalah makanan yang populer dikonsumsi masyarakat Denpasar. Untuk menikmati berbagai olahannya kamu dapat mengunjungi Warung Pan Putu yang berlokasi di Jl. Achmad Yani Utara 187. Aneka olahan kakul seperti sate, sop dan oseng-oseng tersedia di sini. Kakul dipercaya dapat menurunkan hipertensi. Suasana di dalam warung ini pun akan membuatmu benar-benar kembali ke alam karena bangunan yang terbuat dari bambu dan berlatar belakang sawah.

  1. Ikan Bakar Bendega

Terkenal akan ikan bakar dengan tiga macam sambalnya yaitu sambal mentah, goreng dan tomat, Bendega menjadi salah satu tempat yang layak dikunjungi. Berlokasi di Jl. Cok Agung Tresna No. 37, Renon. Bendega menyajikan tidak hanya hidangan yang nikmat namun juga suasana yang nyaman. Walaupun terkenal dengan hidangan lautnya, Bendega juga menyediakan berbagai makanan lain seperti menu ayam, Chinese food, dan masakan khas Indonesia.

  1. Nasi Campur Warung Satria

Berlokasi di Jl. Kedondong, Denpasar, warung Satria telah menjadi legenda warung nasi campur Bali sejak tahun 90-an. Kamu patut mencoba ayam bumbu Bali yang citarasanya sangat khas. Tambahkan beberapa variasi sayur, makan siang atau malammu akan sangat sempurna. Kiprahnya yang dapat dibilang cukup sukses membuat Warung Satria memiliki 3 cabang yang tersebar di Kuta, Tohpati dan Cargo Permai.

  1. Rumput Laut Ala Serangan

Kalau biasanya kamu memakan rumput laut dalam sajian penutup saja atau bahkan dalam hidangan khas Jepang, di Denpasar kamu dapat menikmatinya bersama lauk seperti ikan laut. Berkunjunglah ke pantai Serangan, Denpasar. Kamu dapat menemukan banyak hidangan rumput laut, rasa sedap yang terasa dari bumbu rempah-rempah akan membuat Anda ketagihan.

  1. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng adalah makanan khas dari Gianyar yang di sajikan cukup lembek seperti bubur. Racikan bumbu rempah-rempah ala Bali yang disiram di atas Tepeng menjadi daya pikat utamanya. Tak heran rasa pedasnya itu ampuh menggoyang lidah. Kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut adalah beberapa sayuran yang kerap melengkapi Nasi Tepeng ini. Sementara untuk lauk pauknya biasanya ada telur dan suwiran ayam goreng. Cara penyajiannya pun unik, yakni dengan menggunakan daun pisang.

  1. Sate Lilit

Berbeda dengan sate pada umumnya yang dagingnya ditusuk, Sate Lilit justru dibuat dengan cara di lilit. Sebelumnya, daging akan dicincang halus terlebih dahulu dan di ramu dengan bumbu Bali. Kemudian, di lilitkan di batang daun serai atau tangkai bambu. Rasanya di jamin empuk dan gurih! Terlebih pada sate lilit yang menggunakan batang daun serai, kamu akan mencium bau wangi yang sedap. Pada umumnya daging yang digunakan, antara lain daging ayam, babi, ataupun ikan tenggiri. Namun, sate lilit dengan daging ikan tenggirilah yang paling terfavorit di Bali.

  1. Lawar

Lawar merupakan campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang di ramu khusus menggunakan bumbu khas Bali. Memang pada umumnya Lawar diolah dengan menggunakan campuran daging babi, namun ternyata bebek entok (kuwir) juga menjadi daging alternatif yang di favoritkan oleh masyarakat Bali. Biasanya daging entok yang sudah dicincang akan dicampur dengan potongan-potongan sayur kacang panjang dan parutan kelapa serta dilumuri bumbu Bali. Lawar Kuwir ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih hangat bersama sate lilit, kacang tanah, suwiran Ayam Betutu, dan semangkok jukut ares (sayur batang pisang).

  1. Babi Guling

Perlu digaris bawahi dan dicetak tebal, bahwa makanan yang satu ini seratus persen tidak halal. Meski begitu, makanan ini lah yang menjadi tujuan utama kuliner bagi masyarakat Bali maupun wisatawan lokal. Warna kulit Babi Guling yang kecoklatan sungguh renyah di lidah. Apalagi dagingnya yang begitu empuk dan kaya rempah-rempah. Uniknya, bumbu basa genep Bali dan sayur daun ketela pohon dimasukan ke dalam perut babi dan diguling di atas bara api.

Bagaimana? Jika kalian berkunjung ke Denpasar jangan lupa untuk mencicipi kuliner-kuliner lezat di atas yah.

Share agar Indonesia lebih eksis!

You may also like

5 Comment
  1. ferragamo belts 11 months ago
    Reply

    Thank you for all of your efforts on this blog. My mom take interest in participating in research and it’s really simple to grasp why. Most of us learn all about the compelling means you render practical strategies on the web site and even improve participation from some others about this article and my simple princess is always understanding a lot of things. Take advantage of the rest of the year. You’re the one conducting a terrific job.

  2. yeezy shoes 11 months ago
    Reply

    Youre so cool! I dont suppose Ive read something like this before. So nice to seek out any person with some original ideas on this subject. realy thanks for beginning this up. this website is one thing that is needed on the net, somebody with somewhat originality. useful job for bringing one thing new to the internet!

  3. nike air max 9 months ago
    Reply

    Aw, this was a very nice post. In thought I would like to put in writing like this additionally ?taking time and actual effort to make an excellent article?however what can I say?I procrastinate alot and not at all appear to get something done.

  4. Thank you for your whole efforts on this website. Betty takes pleasure in setting aside time for investigations and it is easy to see why. My spouse and i notice all relating to the lively form you produce very useful tips and tricks via this blog and as well boost contribution from other ones on the subject then my girl is in fact studying so much. Take pleasure in the rest of the new year. You’re the one doing a good job.

  5. curry 4 9 months ago
    Reply

    You should take part in a contest for among the finest blogs on the web. I’ll suggest this website!

Leave a Comment

Your email address will not be published.