Syirniki

7 Menu Sarapan Unik Dari Seluruh Dunia

by

Apa menu sarapan favorit Kalian ONTripers? Roti panggang dengan susu, oatmeal, atau justru makanan berat seperti nasi goreng dan telur? Setiap negara memiliki makanan yang berbeda, dan sudah pasti menu sarapannya pun berbeda. Nah kali ini ONTrip akan share menu sarapan unik dari beberapa negara. Penasaran? Berikut ini kami sajikan untuk Kamu seperti dilansir Travel and Leisure.

  1. Chawanmushi
    Chawanmushi mungkin tidak terlalu familiar di telinga ONTripers jika dibandingkan dengan makanan Jepang lainnya. Makanan yang satu ini bentuknya menyerupai custard atau puding telur. Tetapi kalau puding telur biasa dimakan untuk hidangan penutup, chawanmushi justru dijadikan salah satu menu sarapan oleh orang Jepang.
    Bahan utama chawanmushi adalah telur dan kaldu dashi yang dituangkan ke dalam mangkuk keramik atau cawan tanah liat kemudian dikukus. Chawanmushi memiliki rasa yang gurih dan tekstur sangat lembut, seperti tahu sutera.
  2. Huitlacoche
    Huitlacoche adalah menu sarapan dari Meksiko, jagung yang gagal panen karena terkena jamur Ustilago maydis. Warnanya abu-abu kehitaman seperti jagung busuk. Tetapi jagung ini tidak membahayakan kesehatan, kok.
    Menurut warga Meksiko, jagung yang terkena penyakit seperti ini justru terasa lezat. Rasanya seperti jamur yang biasa dimakan. Harganya saja lebih mahal daripada jagung biasa. Huitlacoche mengandung protein tinggi. Biasanya dijadikan bahan isian untuk taco dan tamale atau dijadikan campuran omelet. Unik ya ONTripers
  1. Haggis
    Menu sarapan dari Skotlandia ini bisa jadi ga akan menggungah selera makan kalian. Karena varian dari black pudding atau puding hitam yang sejatinya adalah sosis darah. Dari luar makanan ini memang terlihat seperti sosis biasa, tetapi bahan utamanya bukan daging cincang, melainkan organ dalam dan darah hewan. Dibuat dari jantung, liver, dan paru domba, dibumbui dengan bawang bombay dan bumbu-bumbu lainnya kemudian direbus selama beberapa jam. Jika sudah matang tinggal dimasukkan ke dalam wadah sosis. Ga Usah di bayangangin ya ONTripers.
  2. Pho
    Karena masih terhitung serumpun dengan Indonesia, menu makan pagi dari Vietnam ini mungkin terdengar cukup akrab di telinga kita. Pho adalah sup mi, terbuat dari bihun yang disiram dengan kuah bening yang segar. Kuahnya terbuat dari kaldu sapi atau ayam yang dibumbui dengan basil dan jeruk nipis. Biasanya penyajiannya dilengkapi dengan kecambah. Makanan ini sangat mudah ditemui di kedai-kedai kaki lima pinggir jalan Vietnam,lho. Harganya pun sangat terjangkau.
  3. Syrniki
    Syrniki bisa ditemui di Rusia, Belarusia, Lithuania, Polandia, dan Ukraina. Bentuknya menyerupai pancake ala Amerika tetapi berukuran lebih kecil. Yang membedakan syrniki dengan pancake adalah penambahan quark, sejenis keju yang terbuat dari susu asam. Karena pematangannya dengan cara digoreng, bagian luar syrniki terasa garing dan renyah, sedangkan bagian dalamnya lembut. Sebelum dimakan biasanya ditambahkan dengan krim asam atau madu.
  4. Scrapple
    Kalau haggis terbuat dari organ dalam domba, maka scrapple, hidangan sarapan dari kawasan Atlantik terbuat dari organ dalam serta sisa daging babi yang tak terpakai. Daging sisa tersebut kemudian direbus, dicincang, dicampur dengan tepung maizena, dibentuk persegi seperti meatloaf lalu digoreng di dalam minyak panas.
  5. Bubur dengan telur seribu tahun
    ONTripers adakah dari kalian yang pernah mendengar telur seribu tahun? telur seribu tahun adalah makanan khas Tionghoa yang dibuat dari telur ayam atau bebek. Telur diasinkan dalam campuran tanah liat, abu, garam, kapur, dan sekam padi selama beberapa minggu atau beberapa bulan. Jika sudah matang, telur akan berubah menjadi coklat gelap transparan, sedangkan kuning telurnya akan berubah menjadi hitam kehijauan seperti telur busuk. Baunya seperti amonia dan belerang. Dengarnya saja sudah ingin tutup hidung ya!

Jika kalian sedang bosan dengan menu sarapan yang biasa, ONTripers  bisa mencoba membuat hidangan-hidangan di atas hihi.

Share untuk Indonesia yang lebih Eksis!

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.