ONTrip-5 Budaya Indonesia yang Mendunia

5 Budaya Indonesia yang Mendunia Ini Wajib Kalian Ketahui!

by

Indonesia dikenal ke unikannya karena kaya akan budaya yang masih terjaga sampai saat ini. Inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Nah, kira-kira apa saja yang menarik bagi wisatawan internasional untuk berkunjung ke Indonesia, sih? Inilah 5 budaya di Indonesia yang menjadi jawabannya. Yuk, kita simak ONTripers!

1.Wayang
Wayang dikenal sejak zaman prasejarah, sekitar 1500 SM. Ketika itu, Indonesia yang belum menjadi negara kesatuan seperti saat ini, masih memeluk animisme berupa pemujaan roh nenek moyang yang diwujudkan dalam bentuk arca atau gambar. Pertunjukan wayang telah diakui oleh UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 7 November 2003. Wah, keren ya ONTripers.

2.Batik
Orang Indonesia mana yang tidak mengenal batik, baik yang tradisional maupun modern. Batik dihasilkan dengan cara menuliskan lilin panas ke atas kain dengan menggunakan canting. Batik biasanya digambar di atas kain katun atau kain sutera. Kain batik telah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang hingga hari ini dengan berbagai macam motif dan kreasi.

3.Tari Saman
Tari Saman telah berhasil menjadi ikon kebanggaan Provinsi Daerah Istimewa Aceh. Pertunjukkan tari Saman tidak hanya populer di negeri kita sendiri, namun juga populer di mancanegara seperti di Australia dan Eropa. Bahkan Tari saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak Benda UNESCO di Bali, 24 November 2011.

4.Tari Kecak
Tari Kecak merupakan tari pertunjukan masal atau tari hiburan dan cenderung dibawakan sebagai sendratari, yaitu seni tari yang melibatkan drama. Tari Kecak menggambarkan seni peran dari cerita pewayangan seperti Rama dan Sinta, dan tidak digunakan secara khusus digunakan untuk ritual dalam agama Hindu seperti pemujaan dan upacara lainnya. Jika tarian dari Bali lainnya menggunakan gamelan sebagai musik pengiring, Tari Kecak hanya memadukan suara mulut dan teriakan yang berbunyi, “cak cak ke cak cak ke”, sehingga tari ini dikenal sebagai Tari Kecak.

5.Reog Ponorogo
Reog adalah sebuah pertunjukan yang berasal dari Jawa Timur bagian barat laut, dan Kota Ponorogo dianggap sebagai kota asal reog yang sebenarnya. Reog adalah salah satu kebudayaan di Indonesia yang masih kental dengan hal-hal berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. Reog modern biasanya ditampilkan dalam beberapa peristiwa seperti pernikahan, khitanan, dan hari-hari besar nasional. Jika berhubungan dengan pernikahan, adegan yang ditampilkan adalah adegan percintaan, sementara untuk khitanan, kisah yang diambil berasal dari cerita pendekar.

Itulah lima budaya Indonesia yang mendunia dan mempesona wisatawan internasional. Yuk, lestarikan budaya kita dengan share ke teman kalian ya ONTripers! Bangga menjadi bangsa Indonesia.
#ONTrip
#ONTripTravel
#Indonesia

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.